Washington (ANTARA News) - Fitch memangkas peringkat kredit Brazil satu tingkat pada Kamis menjadi hanya sedikit di atas peringkat sampah (junk), mengatakan pemerintah menghadapi meningkatan tekanan fiskal akibat kontraksi ekonomi.

Fitch menurunkan peringkat utang Brazil menjadi BBB- dari BBB, menempatkan obligasi negara itu satu tingkat di atas "spekulatif" atau tingkat sampah, dan menambahkan "prospek negatif" memperingatkan bahwa penurunan peringkat lebih lanjut bisa terjadi lagi.

"Penurunan peringkat mencerminkan meningkatnya beban utang pemerintah Brazil, meningkat tantangan bagi konsolidasi fiskal dan latar belakang memburuknya pertumbuhan ekonomi," kata lembaga pemeringkat itu.

"Lingkungan politik yang sulit menghambat kemajuan dalam
agenda legislatif pemerintah dan menciptakan umpan balik negatif untuk
ekonomi yang lebih luas."

Fitch mengatakan resesi telah memiliki dampak yang lebih besar dari perkiraan terhadap pendapatan pemerintah.

Dikatakan "banyak ketidakpastian" atas upaya-upaya penghematan pemerintah dan meramalkan defisit pemerintah akan memburuk menjadi sembilan persen dari produk domestik bruto tahun ini dan berada di atas enam persen dari PDB pada tahun depan.

Menurut Fitch secara keseluruhan beban utang ekonomi terbesar di Amerika Latin itu akan meningkat menjadi sekitar 70 persen dari PDB pada tahun depan, dan terus meningkat pada 2017.

Awal bulan ini Dana Moneter Internasional mengatakan bahwa ekonomi Brazil akan menyusut sekitar tiga persen tahun ini dan satu persen lagi tahun berikutnya.
(A026/A011)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015