Seoul (ANTARA News) - Donghae, anggota boyband Super Junior, memulai wajib militer (wamil) pada Kamis (15/10), bertepatan dengan hari ulang tahunnya, kata agensi manajemen grup Super Junior.

Pria 29 tahun bernama asli Lee Dong-hae itu bergabung di kamp pelatihan Nonsan, Provinsi Chungcheong selatan, kata S.M Entertainment serta menambahkan setelah mengikuti latihan dasar dia akan aktif bertugas selama 21 bulan.

Donghae adalah anggota ke-8 dari 12 personel Super Junior yang memulai wajib militer, kewajiban bagi seluruh pria sehat Korea Selatan untuk mencegah ancaman dari rival Korea Utara.

"(Donghae) masuk Angkatan Darat tanpa acara perpisahan resmi dengan penggemar seperti yang dia inginkan," kata agensi seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Pada Rabu, Donghae meninggalkan pesan di akun media sosialnya, berisi ucapan selamat tinggal untuk kelompok penggemar Super Junior yang disebut ELF.

"Saya minta maaf karena akan meninggalkan kalian selama satu tahun dan sembilan bulan," tulis dia.

"Saya pikir ini sangat berarti karena saya masuk pada hari ulang tahun. Sampai jumpa lagi bersama Eunhyuk."

Eunhyuk, anggota lain dari grup itu, memulai wajib militernya dua hari lebih awal di tempat lain di Chuncheon, Provinsi Gangwon.

Donghae tak muncul di hadapan publik sejak Super Junior merilis "Devil", album penanda ulang tahun ke-10 grup itu pada Juli lalu. Dia dan Eunhyuk sebelumnya memiliki sub unit grup bernama Super Junior D&E.

Penerjemah:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2015