Jakarta (ANTARA News) - Komisi II DPR RI akan melakukan kunjungan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tanggal 27-29 Oktober 2015.

"Komisi II DPR akan ke Palangkaraya, Kalteng guna melihat langsung atau on the spot penanganan kabut asap dan korban kabut asap di Kalteng dan penanganan korban asap," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Informasi dari Palangkaraya berguna sebagai masukan untuk fungsi pengawasan Komisi II DPR RI terhadap pemerintah, khususnya istana, "Komisi II DPR RI akan cross cek terhadap informasi yang berkenaan dengan penanganan kabut asap dan korban kabut asap dari pemerintah dengan fakta-fakta di lapangan," sebut politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Komisi II DPR RI mencurigai ada yang tidak sinkron antara informasi yang disampaikan dengan fakta di lapangan. "Kami dapat informasi, daerah-daerah kelelahan dan tak berdaya menghadapi asap sampai ke desa2, yang dilakukan pemerintah hanya di perkotaan," ujarnya.

Kunjungan ke Palangkaraya itu melalui jalan dari Banjarmasin. Sebab. Pesawat menuju Palangkaraya tak bisa karena kabut asap.

"Kita sekaligus bawa bantuan masker (N95) sebanyak 3000 lembar, oksigen 500 tabung berukuran kecil untuk anak-anak sekolah dan puskesmas dan akan dibagikan sepanjang jalan menuju Palangkaraya," demikian Lukman Edy.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015