Wonosobo (ANTARA News) - Objek wisata alam Lobang Sewu, di kawasan Waduk Wadaslintang di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kepala Desa Erorejo, Ambar Riyanto, di Wonosobo, Sabtu, mengatakan setiap minggu sekitar 10 ribu wisatawan berkunjung ke objek wisata di pinggir Waduk Wadaslintang ini.

Lobang Sewu merupakan objek wisata baru di kawasan Waduk Wadaslintang yang memiliki keindahan panorama alam menyerupai gugusan karang.

Ambar menyebutkan di hari-hari biasa, sekitar 600 wisatawan mengunjungi Lobang Sewu dan jumlah tersebut menjadi berlipat ganda pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Ia mengatakan tingginya jumlah pengunjung tersebut mendatangkan berkah bagi warga.

Selain adanya pemasukan dari penjualan tiket sebesar Rp2.000 per orang, katanya saat ini tidak kurang dari 70 orang warga Erorejo dan sekitarnya berkesempatan mendulang penghasilan dengan berjualan di sekitar kawasan Lobang Sewu.

"Semakin ramainya Lobang Sewu ternyata benar-benar membawa manfaat ekonomi luar biasa bagi Erorejo, karena ratusan orang bisa terserap sebagai tenaga kerja di sini," katanya.

Ia mengatakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas berkah yang dirasakan warga, pada Jumat (23/10) bertepatan dengan 10 Sura, digelar ritual larung sesaji.

Puluhan nasi tumpeng dan beragam jenis makanan khas yang menjadi hasil bumi dan hasil waduk dikirab di kawasan Lobang Sewu, diiringi tampilan seni dan budaya, seperti tari lengger, kuda lumping dan thek-thek.

"Kami berharap, dengan menggelar larung sesaji sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, di masa mendatang objek wisata Lobang Sewu khususnya, dan Waduk Wadaslintang pada umumnya, semakin ramai dikunjungi wisatawan," katanya.

Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengatakan kesadaran warga untuk merawat Lobang Sewu menjadi salah satu kunci suksesnya objek wisata baru itu menarik banyak pengunjung.

"Memang masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, antara lain penambahan tempat sampah dan fasilitas umum bagi penunjang seperti mushala dan toilet, namun hal itu bisa diusahakan anggaran desa yang kini jumlahnya juga besar," katanya.

Ia mengatakan dengan penambahan fasilitas tersebut bakal semakin membuat wisatawan yang berkunjung betah dan bersedia mengajak teman maupun kerabat dan keluarga mereka untuk datang ke Lobang Sewu.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015