Palangka Raya (ANTARA News) - Sebanyak 381 rumah singgah maupun rumah oksigen serta 37 rumah belajar di Provinsi Kalimantan Tengah telah disediakan untuk membantu masyarakat selama terjadinya bencana kabut asap akibat maraknya kebakaran lahan dan hutan.

Rumah singgah yang disediakan Pemerintah Provinsi sebanyak 18 unit dan rumah oksigen 26 unit serta rumah belajar sembilan unit, kata Karo Humas dan Protokol Pemprov Kalteng Marianitha di Palangka Raya, Selasa.

"Kalau rumah singgah dan rumah oksigen disediakan pemerintah kabupaten/kota serta relawan lainnya se-Kalteng yakni 337 unit dan rumah belajar 28 unit. Sarana ini akan bertambah jika oksigen dan alat penjernih udara di sejumlah daerah sudah tersedia," tambahnya.

Daftar rumah singgah maupun rumah oksigen di Palangka Raya yakni jalan Rajawali 7, RSUD Doris Sylvanus, Poltekes (KKP), Tenda KKP (berupa tenda isolasi) di Kantor Dinas Kesehatan, Mess Rimbawan Dinas Kehutanan Kalteng, jalan Tingang I No1 atau belakang BKKBN Provinsi Kalteng.

Kemudian Wisma Perkebunan, Gedung Litbang Pertanian Dinas Pertanian jalan G.Obos, BKSDA Kalteng jalan Yos Sudarso No3 lengkap Mobile Oxygen oleh BKSDA Kalteng, Palampang Tarung, GPU Tambun Bungai, RSJ Kalawa Atei, Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip) di daerah Kereng Bangkirai.

"RS Kelampangan, Puskesmas Pahandut, Aula Kecamatan Pahandut, Puskesmas Tangkiling, Aula Kecamatan Bukit Batu Tangkiling dan Aula Kecamatan Sebangau," kata Marianitha.

Rumah singgah dan rumah oksigen di Kabupaten Kapuas yakni GPU Manggalang Tarung, GPU Panunjung Tarung, GPU Gandang Garantung, Gedung Wanita, Aula Makodim 1011/Klk, Aula Polres Kapuas dan Sanggar Kegiatan Belajar.

Kemudian di Kabupaten Pulang Pisau tersedia di Puskesmas Jabiren (Shelter/Tenda Isolasi), RSUD Pulang Pisau, Puskesmas Pulang Pisau, GPU Pulang Pisau, Puskesmas Bereng dan Bukit Rawi berupa tenda isolasi.

Sedangkan di Kotawaringin Barat tersedia di Aula Kecamatan Arut Utara, Aula Kecamatan Kotawaringin Lama, Aula Kecamatan Pangkalan Lada, Aula Kecamatan Pangkalan Banteng, Aula Kecamatan Kumai, Aula Kecamatan Anta Kusuma, Aula Bappeda dan Aula DPRD Kotawaringin Barat

"Kalau di Kabupaten Katingan berada di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Katingan. Sedangkan di Kotawaringin Timur tersedia di Aula Kecamatan Ketapang, Aula Kecamatan Baamang dan Puskesmas Baamang II Jl. Tjilik Riwut KM 3 Sampit," demikian Marianitha.

Pewarta: Jaya WM
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015