Singapura (ANTARA News) - Maria Sharapova meneruskan dominasinya atas petenis Romania Simona Halep melalui kemenangan berkualitas tinggi 6-4, 6-4, melalui permainan reli-reli baseline untuk semakin dekat dengan tiket empat besar di Final WTA pada Selasa.

Petenis peringkat empat dunia asal Rusia itu memuncaki Grup Merah pada turnamen penutup musim yang diikuti delapan petenis putri melalui kemenangan keduanya, dan selanjutnya ia akan menghadapi juara AS Terbuka Flavia Pennetta, yang mengatakan dirinya akan pensiun setelah turnamen ini, dengan tiket semifinal sebagai taruhannya.

Petenis Italia berusia 33 tahun ini pada pertandingan sebelumnya menjaga peluangnya di WTA Finals dengan pukulan-pukulan backhand, ketika ia menaklukkan Agnieszka Radwanska yang kelelahan dengan skor 7-6 (5), 6-4 untuk membuat petenis Polandia itu menghuni posisi juru kunci dengan dua kekalahan.

Ini merupakan kemenangan perdana Penetta di grup -- di mana ia dikalahkan unggulan teratas Halep dengan skor 0-6, 3-6 pada pertandingan pertamanya yang berlangsung pada Minggu -- di mana pukulan backhandnya terbukti menjadi senjata mematikan di Stadion Indoor Singapura.

Kemenangan Sharapova atas petenis Romania itu membuat keempat petenis di grup masih berpeluang untuk lolos ke semifinal, dan Pennetta mengatakan dirinya terpukau oleh penampilan petenis Rusia itu, yang diganggu masalah cedera sejak Wimbledon.

"Ia memiliki adrenalin ini karena ia absen selama tiga atau empat bulan, sesuatu seperti itu," kata petenis Italia ini kepada para pewarta. "Ketika Anda memasuki lapangan setelah sekian lama, Anda memiliki banyak energi. Ini akan berat tentu saja."



Pertarungan sengit

Sharapova menaklukkan Radwanska melalui pertandingan tiga set yang berat pada Minggu, namun tidak memperlihatkan tanda-tanda akan tampil sedemikian lama pada Selasa ketika memainkan pertarungan sengit melawan unggulan teratas Halep.

Kedua petenis saling mematahkan serve lawan pada awal pertandingan di mana tidak ada satu pun dari keduanya yang menikmati serve mudah, sebelum juara lima Grand Slam Sharapova mengamankan set dengan mematahkan serve Halep, runner up turnamen ini tahun lalu, untuk kedua kalinya pada kedudukan 5-4.

Petenis Rusia 28 tahun itu, yang memenangi kelima pertemuannya sebelumnya dengan Halep, mengendalikan reli-reli dari tengah lapangan dengan permainan bertahan yang bagus yang juga menyebabkan petenis Romania itu gelisah.

Sharapova, runner up dari Serena Williams di Australia Terbuka tahun ini, kembali mematahkan serve Halep pada game kedua di set kedua, dan sejumlah pukulan kemenangan dari kedua sisi lapangan membuat ia membuka keunggulan 5-4.

Ia terlihat akan melakukan serve untuk menutup permainan sebelum kutukan kesalahan gandanya kembali, ketika servenya dipatahkan dari kedudukan 30-15 dan kemudian kalah pada service game berikutnya ketika Halep memberikan perlawanan melalui servenya.

Bagaimanapun, kepulihannya dengan cepat berakhir ketika Sharapova dua kali mematahkan servenya pada game berikutnya untuk mengunci pertandingan dengan pukulan backhand sebelum bersorak gembira. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015