Banda Aceh (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri puncak peringatan 10 tahun perdamaian Aceh yang dipusatkan di Taman Ratu Saifuddin, Banda Aceh.

"Kami sudah mengonfirmasikan kehadiran Wapres pada acara puncak peringatan 10 tahun perdamaian Aceh," kata Ketua Panitia Peringatan 10 Tahun Perdamaian Aceh Muzakar A Gani di Banda Aceh, Jumat.

Muzakar A Gani yang juga Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Aceh, puncak peringatan 10 tahun perdamaian Aceh berlangsung 13 hingga 15 November 2015.

Selain menghadiri peringatan puncak satu dekade perdamaian Aceh, M Jusuf Kalla akan menyampaikan orasi ilmiahnya di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

"Di universitas tertua di Aceh tersebut, M Jusuf Kalla akan dianugerahi doktor honoris causa. M Jusuf Kalla dianugerahi doktor karena jasanya pada perdamaian Aceh," kata dia.

Selain Wakil Presiden RI, sebut Muzakar, puncak peringatan 10 tahun perdamaian Aceh juga dihadiri mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY, kata dia, akan menjadi pembicara konferensi internasional perdamaian Aceh. Selain SBY, konferensi tersebut juga menghadirkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Jhon Kerry.

"Panitia juga mengundang sejumlah tokoh perdamaian Aceh seperti Marti Ahtisaari dari Finlandia. Namun karena kesehatan beliau mengutus wakilnya," kata Muzakar.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga mengundang 12 duta besar negara-negara sahabat. Para duta besar yang diundang tersebut sudah mengonfirmasikan kehadirannya.

"Dalam acara tersebut diisi dengan kilas balik perjalanan perdamaian Aceh selama 10 tahun. Serta mencari solusi persoalan-persoalan yang mengganjal selama perjalanan damai Aceh," kata Muzakar A Gani.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015