Sidoarjo (ANTARA News) - Warga Perumahan Candiloka, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, mengubah kemasan gelas plastik bekas menjadi kerajinan tas yang memiliki nilai jual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Senima salah seorang perajin di gelas bekas, Selasa, mengatakan produksi kerajinan ini sudah dilakukannya sejak enam bulan terakhir.

"Awalnya saya diberitahu oleh anak saya yang ada di Jember, Jawa Timur, kalau gelas plastik bekas kemasan air mineral tersebut bisa digunakan sebagai kerajinan layak jual seperti tas," katanya.

Sejak saat itu, kata dia, setiap kali melihat ada gelas plastik bekas kemasan air minum dirinya langsung memungut untuk dirangkai dan dijadikan tas.

"Ya seperti pemulung, karena melihat hasilnya yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Ia mengatakan, untuk satu tas dari gelas bekas tersebut dijual dengan harga antara Rp35 ribu sampai dengan Rp50 ribu.

"Tas yang kami hasilkan tersebut cukup kuat karena dirajut dengan menggunakan tali nilon dan juga tampar, sehingga mampu menahan beban sampai dengan lima kilogram," katanya.

Ia berharap, kerajinan yang berhasil dibuat ini mendapatkan perhatian serius dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk dapat dikembangkan lebih luas lagi.

"Harapan kami supaya mendapatkan pendampingan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo supaya usaha yang kami lakukan ini bisa berkembang dengan baik dan juga dikenal oleh masyarakat luas," katanya berharap.

Hal senada juga disampaikan oleh Atik Atul Aidiyah salah seorang warga yang lain yang mengaku kalau pembuatan kerajinan tersebut dilakukan sambil mengisi waktu luang.

"Kami ini rata-rata sebagai ibu rumah tangga. Jadi kami harus berpikir kreatif untuk membantu penghasilan suami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015