Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 12 perintis kemerdekaan dianugerahi penghargaan Satya Lencana oleh pemerintah sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan mereka.

"Presiden berkenan menganugerahkan penghargaan Satya Lencana perintis kemerdekaan tahun ini kepada 12 perintis kemerdekaan," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Senin.

Mensos dimandatkan oleh Presiden untuk menyematkan penghargaan kepada para perintis kemerdekaan tersebut di antaranya adalah mantan Wakil Presiden Umar Wirahadikusuma, Imam Soepomo dan Sutarto Sigit.

Mensos mengatakan, perintis kemerdekaan dilihat dari aspek kesejarahan mereka dan ada tim yang melakukan verifikasi.

Verifikasi lebih kepada pemenuhan kelengkapan sejarah perjuangan mereka, bahwa memang mereka adalah perintis kemerdekaan karena banyak yang tidak mencatatkan proses perjalanan kesejarahannya.

"Yang dibutuhkan ada saksi, kelengkapan administrasi lainnya sampai kepada memutuskan sebagai perintis kemerdekaan," katanya.

Selain itu juga diberikan tali asih sebagai tanda penghormatan kepada perintis kemerdekaan sebesar Rp50 juta setahun dengan empat kali pencairan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015