Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan data Twitter, Surabaya menduduki urutan pertama sebagai kota yang paling banyak membicarakan soal pemilihan kepala daerah 2015 dengan tagar #Pilkada2015.

Sementara pasangan calon asal Tangerang selatan, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, menjadi pasangan calon yang paling banyak dibicarakan di Twitter. 

Dalam keterangan pers diterima di Jakarta, Jumat, Twitter tak menyebut jumlah pasti pengguna Twitter yang membicarakan topik-topik tersebut.

Namun, lima hari jelang Pilkada serentak, tercatat ada lebih dari 450.000 Tweet pembicaraan terkait dengan momen penting tersebut.

Interaksi tersebut terjadi antara pengguna, kandidat serta lembaga lain yang terlibat.

Menjelang #Pilkada2015, pengguna Twitter di Indonesia semakin terlibat satu sama lain. 

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku kampanye untuk terlibat dalam percakapan real-time serta berinteraksi pada forum diskusi dalam menanggapi berbagai masukan langsung dari masyarakat. 

Proporsi sentimen positif juga secara signifikan lebih tinggi dari sentimen negatif. Hal tersbut menunjukan, bahwa pengguna Twitter telah menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi positif pada momentum #Pilkada2015.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015