Medan (ANTARA News) - Jelang laga babak delapan besar turnamen sepak bola Piala Jenderal Sudirman, PS TNI fokus pembenahan pada sektor pertahanan mengingat dua pemain belakang andalannya Wanda Syaputra dan Abduh Lestaluhu masih cedera.

Pelatih PS TNI, Suharto AD di Medan, Sabtu, mengatakan, dengan masih cederanya Wanda Syahputra dan Abduh Lestaluhu, pihaknya mencari pemain yang pantas menggantikan posisi keduanya.

"Jelang 8 besar, kita fokus pada perbaikan lini pertahanan karena selama babak penyisihan, kita kebobolan 5 gol. Apalagi kita kehilangan dua pemain centre bek yang selama ini menjadi andalan kita pada laga penyisihan," katanya.

Ia menilai untuk menggantikan peran keduanya, Manahati Lestusen cukup dapat diandalkan, bahkan ia sudah menunjukkan kualitasnya saat PS TNI Mengalahkan Persib Bandung pada babap penyisihan.

"Selain itu, peran Suhandi dan Legimin Raharjo juga sangat baik dibarisan belakang saat penyisihan. Jadi Manahati, Suhandi dan Legimin cukup diandalkan menjaga barisan belakang kami," katanya.

Sementara mengenai formasi yang akan dimainkan nanti pada babap delapan besar, ia mengaku masih sama seperti yang diterapkan ketika menjalani babak penyisihan.

"Formasi kita tidak beda, tetap 4-2-3-1. Kita siap tempur, terlebih lagi tidak ada satu pemain pun yang terkena akumulasi kartu," katanya.

Untuk lini tengah, Suharto mengaku banyak pemain pilihan, sedangkan untuk lini depan, PS TNI memiliki tiga striker yang bagus, yakni Tambun Naibaho, Dimas Drajat, dan Aldino.

Dari tiga striker yang ada, hanya Tambun Naibaho yang belum mampu menciptakan gol, sedangkan Dimas Drajat dan Aldino sudah cetak gol.

Namun, Suharto tetap masih mempercayakan Tambun Naibaho diturunkan di menit-menit awal nanti karena ia menilai peran Tambun sangat penting, terutama dalam memberikan ruang gerak bagi pemain lini kedua.

"Meski belum cetak gol, permainan Tambun bukan berarti tidak bagus. Mencetak gol itu kan bukan striker saja. Justru dengan praiser dan mobilitas yang tinggi, membuat lini belakang lawan keteteran. Tambun bisa membuat pemain lawan bersusah payah menjaga dia, dan juga bisa membuat ruang gerak untuk rekannya," katanya.

Laga delapan besar Piala Jenderal Sudirman grup D akan dilangsungkan Sabtu, 12 Desember 2012 di Stadion Manahan Solo, yang mempertemukan PS TNI melawan Semen Padang dan dilaga kedua Mitra Kukar vs Persija Jakarta.

Pewarta: Juraidi
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015