Sion (ANTARA News) - Penampilan Liverpool makin membaik dari hari ke hari di bawah arahan pelatih Juergen Klopp. Ini bukan pengakuan basa-basi alias mau bersantun-santun, tetapi diungkapkan secara gambalng oleh salah satu punggawa The Reds yang mengalami sendiri corak latihan yang diterapkan oleh pelatih asal Jerman itu.

Dejan Lovren menyatakan, "Kami memang bekerja bersama dia (Klopp) baru dua bulan, tetapi kami memperoleh hasil yang cukup banyak bersama dengan dia. Cara dan metode dia melatih demikian menarik dan membuahkan hasil positif."

Pernyataan itu ia ungkapkan jelang melawan FC Sion dalam laga terakhir babak penyisihan Grup B Liga Europa yang digelar di Stade de Tourbillon, Sion, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

"Antara kami terjalin saling pengertian. Ia tahu kami, begitu sebaliknya. Hal ini penting ketika menghadapi laga domestik dan ajang internasional," kata Lovren. Pernyataan ini bukan tanpa alasan. Terang benderang, bahwa gaya dan metode latihan yang diterapkan Klopp dirasakan klop karena membawa dampak positf bagi kubu Anfield.

Setelah didaulat menggantikan Brendan Rodgers pada Oktober lalu, Klopp membawa Liverpool hanya menderita dua kekalahan dari 12 pertandingan. Mantan pelatih Borusia Dortmund ini mampu mengalahkan Chelsea, Manchester  City dan Southampton.

Tentu saja, Liverpool diharapkan tidak langsung cepat berpuas diri, lantaran pasukan Klopp perlu segera membenahi diri pasca kekalahan 0-2 dari Newcastle United pada Minggu (6/12).

Memang, laga di kandang Sion tidak terlalu berpengaruh terhadap posisi Liverpool yang sudah meraih tiket 32 besar Liga Europa. Hasil imbang saja di  Switzerland ini susdah cukup membawa skuad berjuluk The Reds ini di posisi pertama Grup B.

Warta gembira berhembus bagi kubu Liverpool. Playmaker Philippe Coutinho siap tampil setelah absen dalam empat laga sebelumnya. Gelandang asal Brasil ini mengalami cedera hamstring. Dan Klopp siap menurunkan dia bersama Jordan Henderson dan striker Daniel Sturridge. Dua pemain asal Inggris yang disebut itu telah kembali pulih dari cedera.

Sementara Sion di bawah asuhan pelatih Didier Tholot menelan tiga kekalahan di seluruh kompetisi. Tim ini kini menempati peringkat keenam di Swiss Super League.

Prakiraan susunan pemain:

* Sion (4-3-3):

Vanins (penjaga gawang), Ruffill, Lacroix, Ziegler, Vanczak, Fernandes, Carlitos, Zverotic, Ramirez, Assifuah, Zeman
Pemain cadangan:
Fickentscher, Adao, Chichero, Jagne, Ako, Sierro, Konate

* Liverpool (4-2-3-1):
Bogdan (penjaga gawang), Randall, Toure, Lovren, Smith, Can, Henderson, Milner, Lallana, Firmino, Benteke
Pemain cadangan:
Mignolet, Clyne, Rossiter, Leiva, Coutinho, Carlos, Origi

* Top Players:
 
Ratings:

Sion:
Carlitos     8.1
A. Vanins     7.06
L. Lacroix  6.87

Liverpool:    
J. Ibe 7.33
M. Sakho     7.16
A. Lallana    7.14

* Goals:
Sion:
M. Konate  2
E. Assifuah 1
L. Lacroix  1
    
Liverpool:
A. Lallana 2
E. Can 1
J. Milner 1

* Assists:
Sion:

X. Kouassi 1
Carlitos     1
E. Fernandes 1

Liverpool:    
N. Clyne     1
A. Moreno 1
D. Origi     1

Data dan fakta (Opta Facts):

* Sion akan lolos kalau saja tidak kalah dari Liverpool dalam pertandingan ini. Tim imi akan lolos jika Rubin Kazan tidak mengalahkan Bordeaux.
* Liverpool hanya meraih satu kemenangan dari tujuh laga melawan tim asal Swiss di kompetisi Eropa, lima laga lainnya berakhir imbang, dan satu kali kalah.   
* FC Sion menjalani tiga laga melawan tim asal Inggris di ajang Eropa, dan seluruhnya melawan Liverpool, dengan raihan sekali imbang dan dua kali kalah.
* Tim asal Swiss ini tidak terkalahkan dari empat laga kandang di ajang Eropa, tidak termasuk babak kualifikasi (dua kali menang, dua kali imbang).
* Liverpool menuai kekalahan dari FC Basel dalam lawatan terakhirnya ke Switzerland (pada musim lalu), meski mereka tidak terkalahkan dalam empat laga tandang (tiga kemenangan dan sekali imbang).
* Klopp baru menuai tiga dari 13 laga di Liga Europa/Piala UEFA (lima kali menang, dan lima kali imbang).   
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Sion: L L L D W


5/12/15 FC Zürich 1 - 0 Sion
29/11/ 15 FC Sion 1 - 2 Thun
26/11/15 Rubin Kazan 2 - 0 Sion
22/11/15 Young Boys 1 - 1 Sion
8/11/15 Sion 2 - 0 Luzern

* Liverpool: L W W W W

6/12/15 Newcastle United 2 - 0 Liverpool
2/12/15 Southampton 1 - 6 Liverpool
29/11/15 Liverpool 1 - 0 Swansea City
26/11/15 Liverpool 2 - 1 Girondins de Bordeaux
21/11/15 Manchester City 1 - 4 Liverpool

Head To Head:
 
1/10/15 Liverpool 1 - 1 Sion

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Sion 0 - 2 Liverpool
* Sion 0 - 4 Liverpool
* Sion 1 - 2 Liverpool

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Sion: 0
* Liverpool: 3


Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015