Solo (ANTARA News) - Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi tempat bersejarah untuk mendeklarasikan sebuah kegiatan moral yaitu "Berani Kalah Berani Menang" yang selanjutnya menjadi slogan resmi turnamen Indonesian Championship Torabika 2015 yang memperebutkan Piala Jenderal Sudirman.

Deklarasi yang digelar di Diamond Solo Convention Center, Solo, Jumat ini dihadiri perwakilan klub yang bertanding di babak delapan besar berikut perwakilan suporter fanatiknya. Selain itu dihadiri pula pihak penyelenggara dalam hal ini TNI dan Mahaka selaku promotor.

Dari pihak TNI, deklarasi yang dinilai bersejarah ini ditandatangani oleh Dankodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo (ketua OC), dari Mahaka adalah Hasani Abdul Gani serta dari sponsor dalam hal ini Torabika diwakili oleh Brand Manager PT Mayora Indah, Adrian Wiryawan.

Adapun dari pihak klub yang turut menandatangani deklarasi "Berani Kalah Berani Menang" ini adalah PS TNI, Semen Padang, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC, Surabaya United, Arema Cronus dan Persipura Jayapura.

"Deklarasi seperti ini belum pernah terjadi selama ini. Dengan adanya deklarasi ini kami harapkan tidak ada lagi rusuh sehingga semuanya tidak khawatir soal keamanan," kata CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdul Gani usai deklarasi.

Sepak bola di Indonesia memang cukup dinamis karena ada beberapa kelompok suporter yang hubungannya kurang harmonis sehingga membuat banyak pihak terutama keamanan harus bekerja keras. Dengan adanya deklarasi ini diharapkan semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Apalagi pada turnamen dengan hadiah utama Rp2,5 miliar ini kedatangan tim dan suporter yang membikin kejutan yaitu PS TNI. Selain garang di lapangan, tim reinkarnasi PSMS Medan ini didukung oleh suporter fanatik yang semuanya berasal dari TNI.

Sesuai dengan jadwal yang ada pertandingan babak delapan besar Grup D di Stadion Manahan Solo, Sabtu (12/12) akan dibuka antara PS TNI melawan Semen Padang dan pertandingan kedua antara Mitra Kukar melawan tim asal ibukota yaitu Persija Jakarta.

Untuk pertandingan Grup E yang dipertandingkan di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogjakarta, Minggu (13/12) pada pertandingan pertama akan mempertemukan Pusamania Borneo FC melawan Surabaya United dan Arema Cronus melawan Persipura.

Sementara itu Ketua OC Jenderal Sudirman Cup 2015, Letjen TNI Agus Sutomo menyambut baik dilakukan deklarasi "Berani Menang Berani Kalah" yang dilakukan oleh semua pihak termasuk klub dan suporter. Dengan adanya deklarasi ini diharapkan semuanya bisa bangkit.

"Turnamen ini adalah bagian dari HUT TNI ke-70. Dengan turnamen ini klub kembali bisa beraktifitas, masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan suporter bisa menunjukkan kreatifiktasnya. Ini manfaat turnamen sebelum PSSI beraktifitas," katanya.

Menurut dia, persiapan untuk menghadapi babak delapan besar telah sesuai dengan rencana. Bahkan pihak panitia penyelenggaran yang dipimpin langsung oleh Kodam IV Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi telah menyatakan pertandingan siap digelar.

"Semoga spirit bertanding meningkat. Solo dan Yogyakarta banyak melahirkan pahlawan. Semoga turnamen ini menambah kualitas dan martabat sepak bola nasional," kata Mayjen Jaswandi di sela ramah tamah deklarasi "Berani Menang Berani Kalah".

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015