Jakarta (ANTARA News) - Pemegang sabuk juara WBO Asia-Pasifik dan Afrika Daud Yordan mengklaim telah mengantongi kelemahan dan keunggulan calon lawannya yaitu Yashimata Kato yang akan dihadapi di Balai Sarbini, Jakarta, 5 Februari.

"Saya sudah menganalisa kelemahan dan keunggulan Kato melalui rekaman yang sudah kami dapat. Ada tiga rekaman yang kami pegang," kata Daud Yordan di FX Senayan, Jakarta, Senin.

Bagi petinju yang akrab dipanggil Cino itu, pertandingan melawan petinju Jepang itu sangat penting untuk karirnya terutama dalam melangkah untuk menantang juara dunia kelas ringan (61,2 kg) yaitu petinju asal Inggris, Terry Flanagan.

Menurut Daud, salah satu kelemahan Kato adalah dia tipikal fight dan cenderung bermain dengan terbuka. Dengan demikian peluang untuk menang atau KO sangat tinggi.

"Peluang jual beli serangan sangat besar sehingga risiko KO juga tinggi. Makanya saya harus mempelajari cara bermainnya saat latihan di Bali," kata petinju Sasana Kayong Utara Kalimantan Barat itu.

Tidak hanya kelemahan, Cino juga sudah mengetahui keunggulan petinju asal Jepang itu. Salah satu keunggulan dari Kato adalah kecepatan yang bagus. Kondisi ini jelas harus secepatnya diantisipasi agar target meraih kemenangan bisa terealisasi.

"Kami harus menyiapkan antisipasi. Tapi semua analisa tentu saja akan disesuaikan dengan strategi yang disiapkan oleh pelatih," kata pemilik rekor bertarung 34 kali menang dan 24 di antaranya dengan menang KO serta tiga kali kalah itu.

Untuk menghadapi Kato, Cino akan dilatih oleh mantan pelatih Chris John, Craig Christian. Latihan pun tidak dilakukan lagi di Sasana Kayong Utara namun dipindah ke Bali. Sesuai dengan rencana, latihan di Pulau Dewata itu akan dilakukan sekitar satu bulan.

Sementara itu promotor pertandingan dari Mahkota Promotion Raja Sapta Oktohari mengatakan, pertandingan yang dilakukan oleh Daud Yordan ini adalah pijakan untuk menantang juara dunia kelas ringan (61,2 kg) versi WBO yang saat ini dipegang petinju Inggris, Terry Flanagan.

"Daud saat ini berada di peringkat empat WBO. Jadi banyak petinju yang mengincar. Akhirnya kami memilih Kato sebagai lawan karena dia juga sudah lama ingin bertarung melawan Daud," katanya.

Menurut dia, pertandingan ini sangat penting untuk Daud Yordan karena akan dijadikan landasan yang kuat untuk naik peringkat dan menjadi mandatory option untuk juara dunia kelas ringan WBO.

Dengan demikian, pihaknya mengharapkan juara WBO Asia-Pasific ini mampu memenangkan pertandingan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015