Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 50 peserta mengikuti penataran pelatih nasional di Wisma PHI Cempaka Putih Jakarta, 12-14 Desember 2015.

Ketua Bidang Pelatihan dan Pertandingan PB PSTI, Saleh Gottang dihubungi, Senin, mengatakan penataran ini sebagai upaya pihaknya dalam meningkatkan kualitas pelatih untuk membawa perkembangan sepak takraw di daerah masing-masing ke depan.

"Kita sengaja melibatkan para pelatih dari seluruh provinsi untuk mendapatkan ilmu sehingga bisa diterapkan di daerah masing-masing. Kami juga sejak awal telah meminta seluruh peserta untuk memperhatikan betul pembahasan yang dilaksanakan pada penataran kali ini," katanya.

Penataran pelatih ini terselenggara atas kerja sama Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI), Kemenpora serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Adapun peserta yang hadir pada pelaksanaan penataran 2015 ini berasal dari 33 provinsi antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Aceh.

Selanjutnya dari Pulau Sulawesi yakni Sulsel, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo termasuk wilayah Timur Indonesia seperti Maluku, Papua hingga Papua Barat.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel itu menjelaskan, khusus dari Sulsel diikuti tiga peserta yakni Andi Nur Ali, Nur Qadriyanti dan Albertin. Ketiganya berhak mengikuti penataran ini setelah melewati seleksi dan memenuhi segala persyaratan.

"Para peserta penataran pelatih tingkat nasional ini memang tidak sembarangan diikuti namun berdasarkan beberapa kriteria yang kita tetapkan. Kami berharap seluruh pelatih yang lolos dari penataran ini bisa semakin mengangkat prestasi sepak takraw Tanah Air," jelasnya.

Sebelumnya, Pengprov PSTI Sulsel juga telah melaksanakan penataran pelatih tingkas dasar se-Sulsel pada Juli 2015. Program ini juga sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan pelatih lokal.

Panataran pelatih mendukung program pembinaan atlet sepak takraw di Sulsel itu melibatkan puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sulsel.

Selain penataran pelatih, PSTI Sulsel juga akan melaksanakan rapat kerja di Makassar usia penataran pelatih. Selanjutnya menggelar kejuaraan daerah untuk mencari bibit atlet yang bisa memperkuat Sulsel di sejumlah kejuaraan nasional.

"Kami memang berharap melalui penataran ini semakin meningkatkan pembinaan dan prestasi setiap daerah," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015