Jakarta (ANTARA News) - Resmi hadir di Indonesia pada Agustus lalu, startup asal Korea Jobplanet, siap memberikan informasi seputar dunia kerja termasuk review tentang perusahaan, info gaji hingga kisi-kisi pertanyaan yang dapat menjadi panduan bagi para pencari kerja.

"Jobplanet merupakan platform komunitas online di mana informasi yang kami peroleh berasal dari karyawan perusahaan itu sendiri," kata Kinam Kim, Regional Director Jobplanet, dalam temu media, di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia Kemas Antonius, mengatakan bahwa Jobplanet dikembangkan untuk menjadi sumber informasi dan referensi terpercaya bagi para pencari kerja serta karyawan yang ingin meningkatkan karir mereka.

Jobplanet, kata Kemas, merupakan platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai seluk beluk perusahaan, review budaya dan suasana kerja di perusahaan, info gaji, juga kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja.

"Di Indonesia banyak SMB yang tidak punya web, kami memberikan informasi aktual bagi para fresh graduate. Sementara bagi para pekerja, ini menjadi jawaban untuk membantu mereka meningkatkan karir," kata dia.

Jobplanet menghadirkan tiga fitur utama yaitu review perusahaan, info gaji dan kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara.

"Untuk menjaga kredibilitas dalam me-review perusahaan, kami memilki algoritma yang menyeimbangkan komentar pro dan kontra," ujar Kemas.

Tidak hanya itu, Kemas menjelaskan bahwa pengguna juga dibatasi dalam memberikan ulasan. Untuk judul review, pengguna dibatasi 10 kata, ulasan pro dan kontra 13 kata, dan saran untuk manajemen 10 kata.

"Kami punya tim moderator yang me-review kembali. Saat pengecekan ulang jika oke akan diterima, namun jika tidak akan ditolak, dan tim akan mengirim kembali melalui email agar mereka bisa memperbaiki," ujar dia.

"Tidak perlu khawatir, identitas pengguna kami rahasiakan," sambung dia.

Sementara itu, fitur informasi memungkinkan pengguna untuk mengetahui posisi mereka, sebaliknya, pengguna juga dapat mengetahui posisi perusahaan satu dibanding lainnya.

Sedangkan fitur kisi-kisi interview dapat memberikan informasi berapa lama proses interview sebuah perusahaan hingga materi pertanyaan yang unik dan sering diajukan.

"Dengan Jobplanet para pencari kerja siap menghadapi kesempatan dan peluang baru, bukan hanya bagi fresh graduate, tetapi juga para prosional," pungkas Kemas.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015