Jakarta (ANTARA News) - Aktor yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, menilai para pemuda Indonesia saat ini masih berorientasi pada profesi-profesi lama semisal PNS atau guru. 

Padahal, menurut dia, ke depannya dunia terbuka untuk beragam profesi yang melibatkan kreativitas. "Saat ini kita akan menghadapi MEA. 

Saya melihat pemuda-pemuda Indonesia masih berorientasi ke profesi-profesi lama, seperti PNS, guru, dokter. Padahal dunia ke depannya terbuka untuk (ahli) IT, industri kreatif yang membutuhkan anak-anak muda yang semangat," kata Dede di Jakarta, Kamis. 

Dia pun mengapresiasi sejumlah anak bangsa yang berhasil unjuk gigi di kancah dunia lewat kreativitas dan kemampuannya, sebut saja sutradara Livi Zheng yang sukses menembus perfilman Holllywood lewat film Brush With Danger

Lalu, trio The Raid, yakni aktor sekaligus pesilat Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, yang mengambil bagian di di episode ketujuh sekuel film populer Disney, Star Wars: The Force Awakens

"Banyak pemuda kita yang punya konten lokal untuk diekspos ke dunia, seperti Iko (Uwais), Yayan, Livi," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015