Biak (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Biak Numfor, Papua melarang warga berkonvoi dengan kendaraan saat menyambut malam pergantian tahun baru 1 Januari 2016.

"Untuk menjaga keamanan dan keselamatan di jalan raya maka aktivitas konvoi kendaraan sebaiknya tidak dilakukan warga sebab akan menganggu ketertiban lalu lintas," ungkap Kapolres AKBP Hadi Wahyudi S.Ik di Biak, Senin.

Ia mengatakan, jika dalam situasi tertentu warga tetap akan melakukan konvoi kendaraan sebagai ungkapan perayaan tahun baru 2016 maka pihak Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas akan memecah kegiatan konvoi pada area jalan tertentu.

Baca : Senkom Mitra Polri siaga sambut Tahun Baru

Tujuan pemecahan kegiatan konvoi, lanjut Kapolres AKBP Hadi, dalam rangka tetap menjaga keamanan lalu lintas di jalan raya karena padatnya warga merayakan tahun baru 2016.

"Aparat kepolisian selalu mengimbau supaya acara penyambutan tahun baru dilaksanakan secara sederhama serta tidak euforia pesta berlebihan karena diper4kirakan dapat menganggu stabilitas kamtibmas Biak yang sudah sangat kondusif.

Kapolres Hadi mengungkapkan, untuk menjaga ketertiban masyarakat dalam rangka merayakan pesta pergantian tahun baru 1 Januari 2016 pihak Polres telah mengerahkan 2/3 kekuatan personel pengamanan acara pergantian tahun baru.

Baca : Anggota organisasi pemuda ditahan karena minta sumbangan tahun baru

Seratusan personel Polres dan gabungan aparat TNI serta potensi masyarakat, menurut AKBP Hadi, akan disebar ke beberapa lokasi tempat keramaian warga untuk menyambut malam pergantian tahun baru serta gereja tempat ibadah umat Kristiani di Biak Numfor.

"Harapan aparat keamanan Polri dan TNI kegiatan pesta warga dalam rangka menyambut malam pergantian tahun baru di wilayah hukum Polres Biak Numfor dapat berjalan lancar dan kondusif hingga selesai," demikian Kapolres AKBP Hadi Wahyudi.

Baca : Tujuh senjata api hilang dalam penyerangan Polsek Sinak

Pada Senin pagi, pukul 08.00 hingga H-3 menjelang pergantian tahun baru 1 Januari 2016 aktivitas warga Biak sekitarnya berjalan normal karena berbagai kegiatan masyarakat umum seperti angkutan taksi, pelabuhan, bandara, pasar serta pertokoan mulai melayani kebutuhan warga sesuai kebutuhan.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015