Purwokerto (ANTARA News) - Kereta api jalur Prupuk dan Tegal kini bisa melintas dengan kecepatan maksimal 80 kilometer/jam  dan waktu tempuh perjalanan KA Kamandaka dari Purwokerto menuju Semarang akan bisa dipangkas hingga 30 menit menjadi hanya empat jam.

Hal itu dimungkinkan menyusul selesainya peningkatan jalur KA antara Prupuk dan Tegal sepanjang 38 kilometer.

"Dengan demikian, jalur Prupuk-Tegal dapat dilalui KA dengan kecepatan maksimal 80 kilometer/jam," kata Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Safrudiansyah di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Peningkatan jalur berupa penggantian rel dari jenis P.38 (38 kilogram per 1 meter) ke rel yang lebih besar dan kokoh jenis R.54 (54 kilogram per 1 meter).

Selain itu, lanjut dia, jenis bantalan pada jalur sepanjang 38 kilomter tersebut juga diganti dari bantalan besi menjadi bantalan beton.

Sebelumnya, kecepatan KA di lintas tersebut maksimal hanya 50 kilometer/jam.

"Padahal jalur itu merupakan jalur vital karena menjadi jalur alternatif memutar ketika suatu saat terjadi rintangan di lintas utara Cirebon-Tegal atau lintas tengah Cirebon-Prupuk seperti saat terjadi rintangan jalur lintas utara karena kecelakaan di Waruduwur, KA-KA lintas utara memutar lewat jalur tersebut," katanya.

Syafrudiansyah mengatakan bahwa peningkatan kecepatan KA di jalur Prupuk-Tegal dari 50 kilometer/jam menjadi maksimal 80 kilometer/ jam akan segera dilaksanakan setelah dilakukan pengujian jalur menggunakan KA ukur.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015