Jakarta (ANTARA News) - Jakarta dan wilayah Indonesia bagian barat lainnya telah memasuki tahun 2016 yang ditandai dengan kemeriahan kembang api di langit ibu kota.

Kembang api di wilayah Jakarta Pusat, khususnya kawasan Monas, Jalan MH Thamrin hingga Bundarah HI, telah bergema sejak pukul 11.50 WIB. Tepat pukul pukul 00.00 WIB, kembang api beragam warna pun semakin meriah.

Warna-warni kembang api pun semakin semarak dengan pekikan suara-suara terompet warga yang telah berdatangan sejak sore hari.

Sebelum Jakarta dan wilayah Indonesia bagian barat, beberapa kota di negara lain sudah lebih dulu merayakan tahun baru 2016, seperti Samoa, Australia, Jepang, Korea Utara, Tiongkok, Hong Kong dan Singapura.

Negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan, Samoa, menjadi yang pertama menyambut tahun baru 2016 yang dirayakan dengan tari tradisional dan permainan sulap api.

Samoa merayakan tahun baru pada pukul 10 siang waktu Inggris atau pukul 17.00 WIB, yang kemudian diikuti Selandia Baru satu jam kemudian.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016