Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News)- Polres Cianjur mengarahkan pengendara yang melintas di Jalan Raya Cianjur-Bandung dengan tujuan Bogor dan Jakarta, untuk mengunakan jalur alternatif Jongol di utara atau Sukabumi di selatan, sebagai antisipasi macet total di Jalur Puncak-Cianjur.

"Kami juga melakukan penyekatan agar tidak terjadi antrian di jalur Cianjur-Bandung. Kami mengarahkan penguna jalan untuk mengunakan jalur alternativ," kata Kapolsek Sukaluyu AKP A Supriyatna.

Menjelang malam, antrean kendaraan di Jalur Puncak-Cipanas, mulai memanjang sehingga kendaraan terhenti selama puluhan menit dan hanya bergerak beberapa meter sehingga petugas berusaha melakukan rekayasa arus guna memecah antrean.

Namun upaya itu tidak membuahkan hasil sehingga menjelang malam Polres Cianjur berkordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan kembali sistem buka tutup satu arah, sebagai upaya terakhir mengurau kemacetan.

"Meskipun belum total, namun sejumlah ruas jalan termasuk di jalur alternatid yang ada di kawasan ini, sudah tidak dapat menampung kendaraan yang terus memanjang dengan panjang antrean mencapai Jalan Raya Pasekon," kata Budi, petugas Lantas Polres Cianjur di Pertigaan Hanjawar, Cipanas.

"Untuk saat ini, sudah diarahkan dari Jalur Bandung-Cianjur, penguna jalan dengan tujuan Bogor dan seterusnya lewat Jonggol atau Sukabumi," kata dia.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016