Jakarta (ANTARA News) - Beberapa jalan di Jakarta pada Senin pagi terlihat ramai lancar padahal biasanya pasca liburan jalanan dipadati oleh ratusan ribu mobil dan motor yang mengantar anak-anak sekolah dan karyawan.

"Iya nih, tumben ngga macet. Biasanya habis liburan gini, apalagi hari pertama masuk kerja atau sekolah, macet parah mas. Mungkin (pegawai kantor) masih pada cuti," kata Wawan usai ditemui Antara di Jalan Salemba, Jakarta, Senin.

Pantauan Antara, Senin, sekitar pukul 08.20 WIB, kemacetan hanya terjadi di sepanjang Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, imbas dari volume kendaraan yang ingin berbelok ke Pancoran dan Cawang. Sedangkan Jalan Otto Iskandardinata hingga Kramat Raya terlihat ramai lancar di kedua arah.

Tidak jauh berbeda, kemacetan tak tampak di sepanjang Jalan Kalideres hingga MH. Thamrin, Jakarta. Para pengguna kendaraan umum seperti Transjakarta dibuat heran dengan keadaan jalan di Jakarta yang ramai-lancar.

"Saya juga heran, kalau biasanya habis liburan macet tapi hari ini biasa aja mungkin karena hari pertama, kayak anak sekolah, kan belum sepenuhnya aktif belajar," ungkap salah satu pengguna Transjakarta rute Kalideres-Indosiar, Mei.



Kegiatan sekolah

Sementara itu, kondisi di Jalan Raya Jakarta, Pakupatan, Serang, Banten juga terlihat tidak adanya kemacetan. Meski merupakan hari pertama masuk kerja atau sekolah di beberapa sekolah, kegiatan belajar-mengajar belum efektif.

Antara memantau proses pendidikan di beberapa sekolah belum sepenuhnya berlangsung karena pelajar masih menunggu jadwal belajar yang baru.

"Di sekolah walaupun belum aktif belajar tapi tetep absen sama lihat jadwal mata pelajaran yang baru," kata salah seorang siswi SMK Kesehatan Husada Paratama, Banten, Lidya yang diwawancarai Antara, di Serang, Senin.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh siswa dari sekolah lainnya di SMK Pasundan 1 Kota Serang.

"Biasanya sih belum belajar cuma dikasih tahu jadwal mata pelajaran doang," ujar Reza.

Pewarta: Faizah-Tiyo -Arnaz
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016