Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengutuk aksi teror yang terjadi di Jakarta, Kamis pagi sebagai tindakan biadab, tidak berperikemanusiaan dan mencederai suasana kondusif bangsa dan negara.

"Untuk itu, pertahankan nilai-nilai luhur bangsa, tetap bersatu seluruh warga bangsa, tidak terprovokasi namun tetap saling menjaga demi keutuhan bangsa dan negara," catatnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Bahkan, ia menilai, hal yang lebih parah lagi adalah aksi teror akan memunculkan saling curiga antar-satu pihak dengan lainnya, dan membuyarkan konsentrasi bangsa ini dalam upayanya berlari menuju masa depan lebih baik.

Zulkifli pun menegaskan agar kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab yang melakukan terorisme itu untuk menghentikan aksinya.

Polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), menurut dia, perlu segera menindak pihak-pihak yang terlibat dalam aksi yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan itu.

"Kerja sama proaktif masyarakat dan aparat berwenang seperti kepolisian, TNI dan intelijen sangat diperlukan saat ini agar aksi teror ini tak berlanjut terus dan meluas," catatnya.

Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama saat berada di tempat umum.

"Bila ada sesuatu yang mencurigakan diharap masyarakat segera melapor kepada aparat yang berwenang. Kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan sampai ke lingkungan tempat tinggal masing-masing," demikian Zulkifli Hasan.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016