Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek Bintaro yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Prosesi peresmian itu dilakukan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di RPTRA yang berlokasi di Jalan Villa Anggrek RT 08/12, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Dengan adanya RPTRA ini, warga harus sering-sering berkumpul, dan harus saling peduli satu sama lain. Kalau ada yang sakit atau putus sekolah dan lain-lain, warga harus tahu," kata Basuki di RPTRA Anggrek Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu.

Lebih lanjut, melalui RPTRA tersebut, dia meminta kepada lurah setempat agar sering-sering memonitor sekaligus menindaklanjuti keluhan warga, sehingga permasalahan yang dialami warga segera ditemukan solusinya.

"Saya kan sudah sering menyebutkan bahwa lurah itu harus bersikap seperti manajer di wilayahnya sendiri. Artinya, harus tahu kemauan serta keluhan atau permasalahan yang dihadapi warganya, dan harus dibantu," ujar Basuki.

Dia mengungkapkan keberadaan RPTRA di tengah-tengah lingkungan masyarakat merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI terhadap permasalahan yang dihadapi warga.

"Oleh karena itu, RPTRA ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga setempat. Warga harus lebih peduli satu sama lain, dan peduli juga dengan lingkungan sekitarnya," ungkap Basuki.

RPTRA Anggrek Bintaro memiliki total luas keseluruhan 2.376 meter persegi. RPTRA tersebut dilengkapi juga dengan fasilitas lapangan futsal, taman bermain, kolam ikan, perpustakan, ruang pelayanan kesehatan dan ruang serbaguna.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016