Jakarta (ANTARA News) - Lenovo resmi merilis ThinkPad seri P yaitu P70, P50 dan P40.

ThinkPad P70 hadir dengan ukuran layar 17 inci, dan kapasitas RAM yang bisa ditingkatkan hingga 64GB DDR4 ECC.

Mobile workstation tersebut dapat mendukung hingga 4 buah perangkat penyimpanan dan SSD berbasis teknologi PCle dengan kapasitas mencapai 1 terabyte.

Untuk ekspansi, P70 dilengkapi dengan USB 3.0 Always-on Charging, HDMI 1.4, Mini DisplayPort 1.2, serta dua slot Thunderbolt 3/USB3.1 (type C) combo untuk konektivitas berkecepatan tinggi hingga 40Gbps.

P70 dilengkapi dengan baterai 8 Cell 96 WHr.

"Pertama kali notebook ThinkPad yang didukung dengan 4 drive. Kami tunjukkan untuk pelanggan yang bekerja di bidang oil dan gas, media dan entertainment, engineering dan arisitektur, serta keuangan," kata Azis Wonosari, Category PC Comercial Lead Lenovo Indonesia, di Jakarta, Rabu.

P50 P50 merupakan varian ThinkPad P series yang lebih tipis serta ringan dibanding P70, dengan bentang layar 15.6 inci.

P50 menggunakan resolusi layar 4K (3840×2160 piksel UHD), ditenagai oleh pengolah grafis NVIDIA Quadro GPU, yang diklaim mampu menampilkan akurasi warna 92 persen gamut dan sudah dikalibrasi menggunakan X-Rite Pantone.

Perangkat tersebut dibekali tiga tombol touchpad dengan Crystal Silk dan sistem FLEX Performance Cooling baru yang memungkinkan mobile workstation tersebut bekerja keras tapi tetap dingin dan senyap berkat rancangan kipas pendingin ganda.

P50 dilengkapi baterai 4 Cell 66 WHr.

Disamping P50, Lenovo juga menghadirkan P50s yang didesain lebih ringan dibanding P50. Ultrabook tersebut dibekali prosesor Intel generasi keenam dan menggunakan color calibrator.

"P50s baterai jauh lebih tahan lama, dengan dual baterai mampu bertahan hingga lebih dari 10 jam," ujar Aziz.

P40 Lenovo ThinkPad P40 Yoga merupakan workstation multimode pertama yang menghadirkan kebebasan berkreasi karena dapat digunakan dalam 4 moda yaitu laptop, stand, tent dan tablet. ThinkPad P40 dilengkapi dengan ThinkPad Pen Pro, pena cerdas yang bisa digunakan pada layar sentuhnya yang memiliki resolusi 2560x1440, dan menggunakan teknologi Wacom Active ES untuk membuat sketsa, gambar, atau pun tulisan.

Dibekali gradis NVIDIA Quadro M500M GPU, multimode workstation tersebut ditujukan bagi para seniman profesional, desainer hingga perancang teknik.

P40 juga mengusung tekonologi Lift ‘n Lock, pertama kalinya Lenovo menerapkan pada sebuah mobile workstation. Teknologi ini mampu mendorong naik frame di sekitar keyboard secara otomatis ketika perangkat Yoga diubah menjadi moda tablet.

ThinkPad P70 akan tersedia dengan harga mulai Rp27 juta, sedangkan untuk seri P50 mulai dari harga Rp 21 juta. ThinkPad P40 Yoga akan tersedia dengan harga mulai dari Rp18 juta. Harga dapat berbeda, tergantung dari spesifikasi dan konfigurasi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016