Berlin (ANTARA News) - Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol dalam 13 menit terakhir untuk membawa Borussia Dortmund menang 2-0 atas tim promosi Ingolstadt, Sabtu, dan memangkas selisih dengan pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich menjadi lima angka.

Pemain Terbaik Afrika 2015 ini melompat tinggi untuk menyambar umpan silang Lukasz Piszczek dan mengarahkan tandukannya dengan akurat, setelah Dortmund dibuat frustrasi oleh pertahanan ketat Ingolstadt sepanjang pertandingan.

Pencetak gol terbanyak di liga ini menambahi gol kedua melalui tembakan diagonal untuk membuat dirinya kini telah mengukir 20 gol, dan membawa Dortmund mengumpulkan 44 angka. Bayern, dengan 49 angka, bermain melawan Hoffenheim pada Minggu.

"Pada hari-hari seperti ini, Anda dapat gembira dengan kemenangan yang buruk," kata pelatih Dortmund Thomas Tuchel, yang memainkan pemain 17 tahun asal AS Christian Pulisic untuk mencatatkan debutnya di Liga Jerman pada babak kedua, kepada para pewarta.

"Kami merupakan tim yang lebih beruntung pada beberapa situasi pada hari ini," kata Tuchel setelah timnya mencatatkan kemenangan ke-14 dari 19 pertandingan di liga.

Tuan rumah mendominasi penguasaan bola dan memiliki banyak peluang namun kesulitan menembus tim dengan pertahanan terbaik peringkat kedua di Liga Jerman.

Meski tidak diperkuat pengatur permainan Ilkay Gundogan dan pemain sayap Marco Reus, yang keduanya absen karena infeksi virus, Dortmund melancarkan gempuran pada babak kedua namun harus menunggu sampai menit ke-77 saat pemain internasional Gabon Aubameyang menjadi penyelamat.

Beberapa menit sebelumnya, kapten Mats Hummels nyaris mencetak gol bunuh diri spektakuler ketika ia mengirim bola tinggi ke gawangnya sendiri dari jarak 30 meter, namun gol itu dibatalkan karena pemain Ingolstadt melakukan pelanggaran.

Javier Hernandez juga dua kali mencetak gol ketika Bayer Leverkusen naik kembali ke peringkat keempat setelah menang 3-0 atas tim juru kunci Hanover 96.

Stefan Kiessling membawa mereka memimpin menjelang turun minum, sebelum pemain Meksiko Hernandez mengonversi penalti pada menit ke-62, dan ia kembali menyumbang gol pada menit ke-87 untuk menjadi gol ke-12nya musim ini.

Leverkusen memiliki 31 angka, tertinggal tiga angka dari tim peringkat ketiga Hertha Berlin, yang menyia-nyiakan keunggulan dua gol untuk kemudian bermain imbang 3-3 dengan Hertha Berlin.

Schalke 04 bangkit dari kekalahan dari Werder pada pekan lalu, untuk menaklukkan Darmstadt 92 dengan skor 2-0 melalui gol-gol dari Max Meyer dan Leroy Sane.

Klub Lembah Ruhr itu menghuni peringkat kelima dengan 30 angka.

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016