Jakarta (ANTARA News) - Seusai menghadiri pelantikan Bupati dan Walikota Provinsi Lampung, Rabu ini, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menyempatkan diri menyambangi rakyat miskin di Lampung Selatan.

Pada kunjungan pertama, dia dan rombongan menyambangi rumah seorang janda miskin bernama Sumini di dusun Rajawali Kecamatan Candimas Kabupaten Lampung Selatan.

Keadaan keluarga Sumini sangat memprihatinkan. Dia tinggal bersama tiga orang anaknya di rumah sewaan berdinding kayu lapuk dan tua. Ia dan ketiga anaknya selama bertahun-tahun tinggal di rumah itu. Untuk menyambung hidup, Sumini berjualan kue buatan tetangganya dan mendapatkan upah bersih 100 rupiah per kue.

Mengetahui anak Sumini tak bisa melanjutkan sekolah karena terkendala biaya, Zulkifli memberikan bantuan biaya untuk pendidikan anak dan biaya modal untuk memproduksi kue sendiri.

"Inilah potret sebagian rakyat kita yang kurang beruntung hidup di bawah garis kemiskinan. Inilah yang harus diperhatikan para kepala daerah bupati dan walikota bahkan para wakil rakyat harus memperhatikan ini dengan serius. Kita harus memutus lingkaran kemiskinan dengan pendidikan yang layak," kata dia.

Zulkifli juga memberikan bantuan pada rumah kedua dan ketiga yang disambanginya. Penerima bantuan mengaku terenyuh dan tidak kuasa menahan haru.

"Saya kira sudah tidak ada pejabat negara yang mau peduli dengan kaum papa seperti saya, tapi tiba-tiba Bapak Zulkifli Hasan datang ke desa kami dan masuk ke rumah saya yang buruk ini dan peduli kepada orang seperti saya. Terima kasih bapak Zulkifli," ungkap dia, seperti dalam keterangan tertulis MPR, Rabu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016