Herning (ANTARA News) - Manchester United (MU) tengah dilanda keprihatinan selama mengarungi musim ini. Berbekal misi meraih kemenangan, pasukan Iblis Merah memulai lawatan ke Herning dengan menghadapi klub papan atas divisi Denmark, Midtjylland.

Tentunya, pasukan asuhan pelatih Louis van Gaal menaruh asa setinggi langit lantaran harapan nyaris pupus merebut tempat terhormat di klasemen Liga Inggris (Premier Legue).

Manchester United siap bertarung melawan Midtjylland dalam laga pertama babak 32 besar Liga Eropa yang digelar di MCH Arena, Herning, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingam itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Menghadapi Midtjylland, punggawa MU Marouane Fellaini mengutarakan komentar praktis ketika timnya tengah dirundung keprihatinan. Menurut dia, United perlu ekstra bersiap diri menghadapi laga di Herning.

"Mereka mampu tampil teramat agresif karena mereka ingin meraih kemenangan dan menunjukkan diri sebagai tim cemerlang. Hanya saja kami bukan tim yang lemah juga karena dihuni sejumlah pemain hebat," kata Fellaini kepada TV Manchester United.

Ia menimpali, "Kami punya kapasitas untuk meraih kemenangan dan kami ingin menang, meski laga akan berjalan alot. Kami harus termotivasi karena kami tahu kemampuan mereka. Jangan berbuat kesalahan sedikit pun, karena kami bertanding di sana untuk meraih kemenangan."

Sunderland mampu mengalahkan United dengan skor 2-1. Kekalahan ini jelas-jelas merepotkan posisi Van Gaal sebagai manajer. Sementara itu, performa Midtjylland menunjukkan grafik meningkat manakala melakoni laga domestik.

Tim tuan rumah tidak akan diperkuat oleh salah satu gelandang andalan mereka Jakob Poulsen karena masih terkena suspensi.

Penjaga gawang Johan Dahlin masih belum pulih benar dari cedera lutut. Petter Andersson yang mengalami cedera lutut masih diragukan tampil di Herning.

Di kubu MU, Wayne Rooney absen, begitu pula dengan ful-bek Matteo Darmian yang menderita cedera bahu ketika melawan Sunderland pada  laga Sabtu pekan lalu. Cameron Borthwick-Jackson masih sakit, sedangkan Marouane Fellaini tidak dibawa serta ke Denmark.

Komentar dua manajer:

* Jess Thorup (Midtjylland):

"Tentu saja kami telah berdiskusi soal kelemahan mereka (Manchester United). Kami mencermati dan menganalisis kelemahan mereka. Setiap orang tahu bahwa kami tampil sebagai tim yang bagus ketika mengambil tendangan bebas. Kami akan mempraktekkannya dalam laga besok."

"Kami juga telah berlatih dalam bertahan dan menyerang. Meskipun kami paham bahwa pertandingan ini tidak semata-mata memanfaatkan tendangan bebas. Jujur, saya tidak mengatakan apapun soal kualitas pemain mereka. Kami bicara soal pemain kami sendiri."

"Pertandingan akan berjalan ketat bagi para pemain dan klub. Bagi saya, tidak jadi soal apakah United bermain dengan (skema) tertentu besok. Ini soal bagaimana kami tampil dan memberi respon yang seimbang melawan mereka. Semua ini untuk sepak bola Denmark."

"Saya sudah mengamati selama beberapa jam, setelah itu berdiskusi (dengan tim pelatih) mengenai Rooney dan  (Marouane) Fellaini yang absen dalam pertandingan ini. Saya tidak terlalu peduli, apakah pemain itu berusia muda atau tua di kubu United. Kami harus tampil sebaik mungkin dan memanfaatkan setiap peluang."

* Louis Van Gaal (Manchester United):
"(Soal Rooney yang absen), kami punya Martial dan striker yang lain. Ia (Rooney) telah tampil dalam banyak laga dan ambil peran. Saya tahu bahwa Rooney mampu tampil dalam banyak pertandingan. Meski begitu saya memanggil Will Keane yang mampu tampil sangat baik bagi tim."

"Kami tidak punya pemain berbadan jangkung. Midtjylland mengandalkan tendangan bebas. Mereka membukukan 48 gol dari tendangan bebas, untuk itu kami coba mengorganisasikan diri sebaik mungkin."

Prakiraan susunan pemain:

*Midtjylland (4-1-4-1):

Andersen (penjaga gawang), Novak, Hansen, Sviatchenko, Romer, Royer, Singh, Pusic, Olsson, Sisto
Pemain cadangan:
Raahauge, Bangaard, Duelund, Lauridsen, Onuachu, Urena, Rasmussen

* Manchester United (4-2-3-1):
Dea Gea (penjaga gawang), Love, Smalling, Blind, Jackson, Herrera, Carrick, Depay, Mata, Martial, Keane
Pemain cadangan:
Romero, Poole, McNair, Weir, Pereira, Schneiderlin, Lingaard

Data dan fakta (Opta facts):  
* Ini kali kedua Midtjylland melawan tim asal Inggris di ajang Eropa, keduanya di babak kualifikasi. Mereka dikalahkan Southampton kemudian didepak Manchester City di Piala UEFA pada 2008/09.
* Manchester United meraih lima kemenangan dari enam laga melawan tim asal Denmark (sekali imbang, sekali kalah).
* Ini kali ketiga skuad Iblis Merah melawan ke Denmark, seluruhnya di ajang Liga Champions. Mereka mengalahkan Brondby 6-2 di ajang Piala Eropa pada 1998/99, kalah 0-1 dari FC Copenhagen pada 2006/07, dan menundukkan Aalborg dengan 3-0.
* Midtjylland merupakan tim ketiga asal Denmark yang mampu lolos ke babak 32 besar di ajang Eropa, sebelumnya Esbjerg pada 2013/14, Aalborg pada 2014/15.
* United mengoleksi dua clean sheet dari 13 laga tandang di ajang Eropa, belum termasuk babak kualifikasi.  
* Tim dari Denmark ini telah kebobolan 12 gol di babak penyisihan grup.   
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Midtjylland: W D L D D

13/2/16 Midtjylland 4 - 2 Horsens
9/2/16 Malmö 1 - 1 Midtjylland
4/2/16 Midtjylland 2 - 2 Göteborg
1/2/16 Midtjylland 0 - 0 AIK Fotboll
10/12/15 Midtjylland 1 - 1 Brugge

* Manchester United: L D W W L
13/2/16 Sunderland 2 - 1 Manchester United
7/2/16 Chelsea 1 - 1 Manchester United
2/2/16 Manchester United 3 - 0 Stoke City
29/1/16 Derby County 1 - 3 Manchester United
23/1/16 Manchester United 0 - 1 Southampton

Prediksi hasil laga: (Goal.com)

* Midtjylland 0 - 2 Manchester United
* Midtjylland 0 - 4 Manchester United
* Midtjylland 0 - 0 Manchester United

Prediksi jalannya laga:
* Manchester United akan tampil semaksimal mungkin untuk membuka peluang di ajang Eropa. Hanya saja Midtjylland akan memberi perlawanan di hadapan publik sendiri.
* Boleh jadi tim tuan rumah mengandalkan serangan balik yang cepat, agar dapat menuai kemenangan di kandang, karena sepekan kemudian mereka harus tampil di Manchester.   
* Kalau saja punggawa United tampil tanpa greget sebagaimana ketika melawan Sunderland, maka Midtjylland akan memberi hukuman setimpal.
* Ajang Liga Eropa memberi harapan bagi kubu Manchester United dan menyuguhkan kesempatan positif bagi Van Gaal.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Midtjylland: 1
* Manchester United: 2.

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2016