Jakarta (ANTARA News) - Everton menyingkirkan Bournemouth 2-0 pada putaran kelima (16 besar) Piala FA di Stadion Vitality, Bournemouth, Minggu dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Everton dicetak Ross Barkley dan Romelu Lukaku pada babak kedua.  

Everton sampai ke putaran kelima setelah mengalahkan Dagenham dan Carlisle United sementara Bournemouth menekuk Portsmouth dan Birmingham City pada babak sebelumnya.

Bournemouth membuang peluang emas untuk unggul pada babak pertama setelah Charlie Daniels gagal mengeksekusi penalti karena arah sepakannya terbaca oleh kiper Everton, Joel Robles. Penalti itu bermula dari handball McCarthy.

Babak kedua berjalan dua menit, kerja sama segitiga Barry, Lukaku dan Lennon nyaris berbuah gol andai sepakan Lennon tidak diblokir pemain bertahan Bournemouth untuk menghasilkan sepak pojok.

Satu menit kemudian bek sayap Everton, Coleman, menanduk bola umpan silang Cleverley namun arah bola melenceng.

Everton memimpin 1-0 pada menit 55 lewat tendangan Ross Barkley yang berbelok karena mengenai tubuh Gosling sehingga menyulitkan kiper Bournemouth, Federici, untuk membaca arah bola.

Lukaku sempat menjaringkan bola ke gawang Federici pada menit 57, namun wasit membatalkannya karena pemain Belgia itu telah terperangkap offside.

Tendangan bebas Stanislas yang membentur pagar pemain Everton nyaris membuat kedudukan menjadi imbang, beruntung arah bola melebar kendati Robles telah salah mengambil langkah pada menit 63.

The Toffees menambah keunggulan 2-0 lewat kecepatan Lukaku yang menyambar bolsa sepak pojok Oviedo setelah dipantulkan Barry di dalam kotak penalti Bournemouth pada menit 76.

Bournemouth sempat merepotkan Everton saat bola umpan Stanislas masuk ke pertahanan dan kemudian King yang tidak terjaga leluasa menembak namun bola berhasil diamankan Robles pada menit 90.

Skor 2-0 untuk kemenangan Everton bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain kedua tim:

Bournemouth (4-1-4-1):
Federici, Francis, Elphick, Distin, Daniels, O'Kane, Iturbe (Murray), Gosling, MacDonald (Matt Ritchie), Stanislas, King.

Everton (4-2-3-1): Joel Robles, Coleman, Jagielka, Funes Mori, Oviedo, McCarthy, Barry, Lennon, Barkley (Mirallas), Cleverley, Lukaku (Niasse).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016