Turin (ANTARA News) - Juventus dan Bayern Muenchen sama-sama menorehkan prestasi menjulang dengan membukukan rekor tidak terkalahkan jelang pertempuran di Turin untuk meraih kemegahan dan kemenangan sebagai meterai "mereka yang berjuang demi kehormatan diri" di laga sepak bola Benua biru.

Juventus akan menjamu Bayern Muenchen dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Juventus Stadium, Turin pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari pukul 02.45 WIB. Duel dua tim papan atas dari Liga Italia (Serie A) dan Liga Jerman (Bundesliga) itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sport2.

Kedua tim tidak terkalahkan dalam seluruh kompetisi sejak awal Desember 2015. Baik Juventus maupun Bayern Muenchen memetik rekor gemilang dalam 10 laga terakhir, dengan raihan sembilan menang dan sekali imbang.

Juventus di bawah arahan pelatih Massimiliano Allegri mencatatkan 15 menang meski ditahan imbang oleh Bologna pada Jumat pekan lalu. Sementara tim asuhan pelatih Pep Guardiola ini unggul delapan poin di puncak klasemen Bundesliga.

FC Hollywood, julukan bagi Bayern Muenchen, menang 3-1 atas Darmstad pada pekan ini. Ini yang menyebabkan bahwa striker Thomas Mueller mampu tampil lebih baik untuk menundukkan Juventus.

"Kami harus tampil lebih cerdik di Turin pada Selasa. Kami tidak harus melepaskan banyak peluang di sana," katanya.

Ada wajah yang sudah tidak asing lagi, misalnya striker Mario Mandzukic yang kini membela Juventus. Ia mengoleksi 39 gol dalam 74 penampilan dari 2012 sampai 2014.

Arturo Vidal yang kini berkostum Bayern Muenchen kini kembali ke Turin. Sebelumnya pemain ini mampu memberi empat juara di Liga Italia sebelum hengkang ke Bayern musim panas lalu.

Mantan pemain Bayern striker Mandzukic diragukan dapat membela Juventus. Ia absen sejak 27 Januari 2016, sedangkan Giorgio Chiellini (cedera betis) dan Alex Sandro (cedera paha) masih belum dapat tampil di Turin.

Pemain sayap Franck Ribery kembali dari cedera paha. Ia turun bertanding sebagai pemain pengganti ketika Bayern Muenchen melawan Darmstadt, sementara itu Mario Goetze kembali memperkuat tim setelah lama tidak tampil sejak Oktober 2015.

Baik Juventus maupun Byern Muenchen pernah bersua di babak knonout di ajang Liga Champions. Ketika itu tim Bavaria ini menag agregat 4-0 di babak kuarter-final Liga Champions musim 2012/13.

Juventus belum menang dari empat laga melawan Bayern Muenchen di ajang Liga Champions (sekali imbang, tiga kalah). Kemenangan terakhir mereka pada November 2005. Sementara, Alvaro Morata melesakkan enam gol dalam delapan pertarungan di fase knockout Liga Champions.

Juara Liga Italia musim lalu ini hanya menelan dua kekalahan dari 34 laga kandang di ajang Liga Champions (22 menang, 10 imbang). Dua kekalahan itu diderita dari Bayern Muenchen.

Bayern Muenchen belum pernah menang dari lima laga tandang di babak knockout Liga Champpions (dua imbang, tiga kalah). Dan Robert Lewandowski mencetak 30 gol selama berlaga di Liga Champions sejak debutnya pada 2011/12.

Komentar dua manajer:

* Massimiliano Allegri (Juventus):

"Tahun lalu saya menerima jutaan kecaman ketika mengatakan hasil 0-0 merupakan hasil yang baik. Hasil imbang 0-0 sangat baik ketika laga kandang. Penting bagi kami meraih hasil positif di sana, karena gol tandang bernilai dobel. Hanya saja saya memprediksi bakal banyak gol yang dihasilkan."

"Bayern punya cara tersendiri dalam bertanding. Saya ragu apakah mereka mengubah cara bermain. Kami melawan tim yang hebat dalam pertahanan, meski di atas segalanya yang terpenting yakni melakukan tekanan kepada lawan dengan penguasaan bola."

* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):
"Tampil di babak 16 besar selalu sulit dan rumit. Juventus tidak menuai hasil baik di awal musim, hanya saja mereka mampu tampil baik dengan permainan menawan. Pertandingan ini bakal menarik."

"Kami berusaha sekuat tenaga tampil baik dan berusaha mencetak gol, meski tidak mudah juga mencetak gol ke gawang mereka. Kami sedang dihadapan masalah (cedera pemain), hanya saja apa yang harus kami lakukan? Kami punya sederet pemain, kamipunya Tasci dan Benatia."

"Saya berharap Juventus terus menekan di lapangan, meski kami juga bakal menekan. Silakan saksikan sendiri. Kami tidak punya bek tengah."

"Kami mampu melancarkan serangan dengan cerdik dan menghindari kebobolan dari tendangan bebas. Mereka tim terbaik di dunia dalam mengambil tendangan bebas."

Prakiraan susunan pemain:

* Juventus (4-4-2):

Buffon (penjaga gawang), Evra, Bonucci, Barzagli, Lichsteiner, Pogba, Marchisio, Khedira, Cuadrado, Morata, Dybala
Pemain cadangan:
Neto, Rugani, Chiellini, Hernanes, Cuadrado, Zaza, Mandzukic
Pemain absen: Caceres, Sandro

* Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Lahm, Kimmich, Alaba, Bernat, Vidal, Robben, Thiago, Mueller, Costa, Lewandowski
Pemain cadangan:
Ulreich, Rafinha, Benatia, Alonso, Coman, Ribery, Goetze
Pemain absen: Boateng, Martinez

Data dan fakta (Opta Facts):

* Juventus, yang finis di tempat kedua di Grup D. Ini kali pertama mereka masuk ke babak knockout di Liga Champions sejak 2005/06.
* Bayern Muenchen finis di posisi teratas Grup F. Mereka melaju lima kali ke semi-final dari enam musim.
* Juventus dan Bayern Muenchen hanya sekali bersua di babak knockout di Liga Champions.
* Bayern Muenchen sekali menang dari dua laga tandang melawan Juventus di Liga Champions (memasukkan enam gol, kebobolan satu gol).
* Juventus tidak menang dalam empat pertemuan melawan Bayern Muenchen (sekali imbang, tiga kalah).  
* Juventus memrupakan tim, selain Paris Saint-Germain dan Real Madrid yang pernah kebobolan dalam laga kandang di Liga Champions musim ini.
* Juventus melesakkan enam gol dalam babak penyisihan grup musim ini. Ini capaian terendah dari 16 tim yang berlaga di babak knockout.
* Juventus hanya dua kalah dari 34 laga kandang di Liga Champions (22 menang, 10 imbang). Kedua kekalahan itu diderita dari Bayern Muenchen.     
    
   Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Juventus: D W W W W
19/02/2016 Bologna 0 - 0 Juventus
13/02/2016 Juventus 1 - 0 Napoli
07/02/2016 Frosinone 0 - 2 Juventus
03/02/2016 Juventus 1 - 0 Genoa
31/01/2016 Chievo 0 - 4 Juventus

* Bayern Muenchen: W W W D W
20/02/2016 Bayern Muenchen 3 - 1 Darmstadt 1898
14/02/2016 Augsburg 1 - 3 Bayern Muenchen
10/02/2016 VfL Bochum 0 - 3 Bayern Muenchen
06/02/2016 Bayer 04 Leverkusen 0 - 0 Bayern Muenchen
31/01/2016 Bayern Muenchen 2 - 0 Hoffenheim

Head to Head:
10/04/2013 Juventus 0 - 2 Bayern Muenchen
02/04/2013 Bayern Muenchen 2 - 0 Juventus
08/12/2009 Juventus 1 - 4 Bayern Muenchen
30/09/2009 Bayern Muenchen 0 - 0 Juventus
02/11/2005 Juventus 2 - 1 Bayern Muenchen

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Juventus 1 - 2 Bayern Muenchen (12 persen)
* Juventus 0 - 0 Bayern Muenchen (10 persen)
* Juventus 2 - 0 Bayern Muenchen (9 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Juventus: 1
* Bayern Muenchen: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016