Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah sedang mematangkan sejumlah langkah untuk menurunkan tingkat bunga yang saat ini dirasakan masih tinggi dan memberatkan masyarakat.

"Kita persiapkan semua langkahnya agar dalam sebulan akan jalan, dan pada akhir tahun kita akan mewujudkan suku bunga pinjaman (lending rate) 9 persen," kata Darmin di Jakarta, Selasa.

Darmin mengatakan berbagai langkah ini akan saling terkait dan tidak berdiri sendiri, karena membutuhkan koordinasi antara pemerintah dengan instansi terkait seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan.

Ia menjelaskan langkah pertama adalah dengan menjaga laju inflasi pada kisaran empat persen, karena apabila inflasi lebih tinggi dari perkiraan, maka hal itu bisa berpengaruh pada peningkatan bunga tabungan masyarakat.

Langkah kedua, kata dia, adalah berkomunikasi dengan kementerian terkait serta BUMN agar ketika menyimpan deposito di perbankan tidak menggunakan "special rate" yang bisa mendorong kenaikan tingkat suku bunga.

"Kalau mau menaruh deposito di perbankan, masuk akal (bunganya) 5 persen, atau 1 persen diatas inflasi, jadi tingkat bunga riilnya masih positif. Tidak ada alasan mengatakan rugi menaruh uang di bank, kalau mau bunga tinggi, masih ada SUN," kata Darmin.

Langkah ketiga adalah, dengan inflasi terjaga dan BUMN tidak menggunakan "special rate" untuk depositonya, maka Bank Indonesia bisa melakukan kajian maupun menimbang agar kebijakan tingkat bunga bisa mendekati kisaran empat persen atau lima persen.

Langkah keempat adalah Otoritas Jasa Keuangan akan mengambil langkah agar biaya operasional (overhead) sektor perbankan, diluar SDM, lebih efisien serta menahan peningkatan "special rate" agar tidak melebihi 100 basis poin dari tingkat bunga rata-rata.

"Special rate" atau bunga khusus, merupakan perlakuan spesial yang diberikan perbankan terhadap nasabah prioritas yang memiliki dana besar agar mau menyimpan deposito dan angkanya lebih tinggi dari tingkat bunga yang telah ditetapkan.

Dengan empat langkah yang berfungsi secara efektif dalam sebulan mendatang, Darmin optimistis tingkat bunga akan mulai turun secara perlahan, dan akan menyesuaikan dengan upaya yang telah dilakukan pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016