Bogor (ANTARA News) - Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perum LKBN Antara Boni Hargens mengharapkan Kantor Berita Indonesia ini bisa membantu terbangunnya sinergi antara kepentingan pemerintah pusat dan daerah melalui berita-berita yang disiarkannya.

"Pemerintah pusat dan daerah harus saling terkait agar bisa menyukseskan Nawacita," kata Boni Hargens ketika mengunjungi Kantor LKBN Antara Biro Utama Penyangga Jakarta (BPJ) di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa Antara mempunyai peran yang penting dalam menyambungkan "lidah rakyat" dengan menyuarakan aspirasi dari daerah-daerah.

Dengan demikian, program Nawacita sebagai model yang diprogramkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan dapat terlaksana.

Boni juga mengatakan Antara perlu melakukan kerja sama yang lebih erat dengan jajaran TNI dan Polri di tingkatan masing-masing untuk dapat tercipta kondisi sosial politik di negara dan daerah-daerah yang aman, serta juga untuk menjaga kewibawaan institusi negara.

Dalam Nawacita, ada sembilan program yang menjadi prioritas pemerintah, termasuk memperkuat kemandirian ekonomi dengan cara menggerakkan ekonomi rakyat yang strategis dan memberikan perhatian kepada produk-produk Indonesia serta mendorong land-reform.

Dalam bidang politik, Nawacita menginginkan terciptanya negara kuat dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum, memperkuat pertahanan maritim serta negara tidak abai dalam membangun tata pemerintahan yang demokratis dan melindungi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam strategi kebudayaan, Nawacita secara jenius menyadari bahwa Indonesia dibentuk dari kolektivitas kebudayaan yang dibangun dari daerah-daerah, desa-desa kemudian menjadi Indonesia.

Berkepribadian dalam kebudayaan dapat dicari dari khazanah kebudayaan Indonesia yang begitu luas.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016