Paris (ANTARA News) - AS Monaco ditahan imbang tanpa gol oleh Nantes pada Minggu atau Senin dinihari WIB, ketika Caen untuk sementara naik ke peringkat ketiga Liga Prancis berkat kemenangan 2-1 di markas St Etienne.

Monaco unggul delapan angka bersih di peringkat kedua setelah mereka bermain imbang di Stade de la Beaujoire, namun hasil ini membuka peluang bagi tim pemuncak klasemen Paris St Germain (PSG) untuk mengunci gelar liga keempatnya secara beruntun pada akhir pekan mendatang.

Untuk mewujudkan hal itu, pasukan Laurent Blanc, yang saat ini unggul 23 angka, harus menang di markas Lyon pada Minggu malam dan kemudian berharap Monaco terpeleset di markas Caen Jumat depan.

PSG, yang tidak terkalahkan di kancah domestik sejak maret tahun lalu, kemudian akan memainkan pertandingan kandang melawan Montpellier pada Sabtu depan dengan mengetahui bahwa kemenangan akan cukup untuk membuat mereka dikonfirmasi sebagai juara liga dengan dua bulan tersisa di musim ini.

Ketika Monaco terlihat akan finis sebagai runner up, tidak seorang pun terlihat ingin meraih peringkat ketiga yang juga memberikan zona putaran kualifikasi untuk Liga Champions musim depan.

Nantes merupakan salah satu dari beberapa tim yang masuk perhitungan, setelah mereka memperpanjang laju tidak terkalahkannya menjadi 13 pertandingan liga dan 16 pertandingan di semua kompetisi.

Hal itu mengangkat pasukan Michel Der Zakarian untuk sementara naik ke peringkat ketujuh, hanya terpaut dua angka dari podium.

Nantes memiliki peluang-peluang terbaik di awal pertandingan, namun Kolbeinn Sigthorsson, dalam dua kesempatan, dan Emiliano Sala tidak mampu menemukan cara menaklukkan Danijel Subasic yang mengawal gawang tim tamu.

Guido Carrillo nyaris mencetak gol untuk Monaco pada awal babak kedua, sedangkan Alejando Bedoya mencetak gol untuk Nantes pada menit ke-71, namun tidak disahkan karena offside.

St Etienne dapat mengisi peringkat ketiga, namun justru Caen yang berada di posisi tersebut dengan meraih kemenangan di Stade Geoffroy-Guichard menghadapi lawan yang masih meratapi tersingkirnya mereka dari Liga Europa oleh Basel pada pekan ini.

Caen membuka keunggulan saat pertandingan tinggal menyisakan 12 menit ketika Andy Delort menanduk umpan silang Herve Bazile untuk menjadi gol liga kesepuluhnya musim ini, dan Ronny Rodelin menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Valentin Eysseric mencetak satu gol balasan untuk St Etienne dari tendangan bebas namun mereka kini harus mempersiapkan diri untuk pertandingan perempat final Piala Prancis melawan PSG pada tengah pekan.

Meski demikian, genggaman Caen di peringkat ketiga mungkin tidak bertahan lama, ketika Lyon akan menggeser tim Normandia itu berkat keunggulan selisih gol jika mereka dapat mengalahkan PSG.

Di tempat lain pada Minggu, Marseille memainkan pertandingan tandang ke markas Gazelec Ajaccio yang ditunda karena cuaca buruk di Korsika.

Nice mengawali akhir pekan dengan menduduki peringkat ketiga, namun harapan-harapan mereka untuk mengikuti Liga Champions mendapat pukulan ketika mereka kalah 0-2 dari rivalnya Bastia pada Jumat.

Pada Sabtu, Rennes mencetak dua gol larut ketika mereka bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 di markas Toulouse, yang belakangan berpisah dengan pelatih Dominique Arribage setelah kekalahan yang membuat mereka terpuruk di peringkat kedua dari bawah dan terpaut sepuluh angka dari zona aman, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016