Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) Jusuf Kalla mengatakan partai berlambang beringin itu harus dipimpin oleh orang yang dipercaya rakyat.

"Golkar harus bisa berkembang dan harus mempunyai program yang berpihak pada rakyat. Oleh karena itu pimpinannya harus dipercaya dan tentu tidak mempunyai masalah masalah-masalah hukum," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Senin.

Selain bisa dipercaya oleh rakyat, juga tentunya dipercaya oleh pemerintah karena parpol dan pemerintah pasti selalu ada hubungannya.

Kriteria lain yang harus dimiliki pimpinan Golkar, menurut Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden, harus beretika baik sehingga tidak akan terkena dampak hukum.

Namun, menurut dia kepemimpinan Golkar tidak ada batasan usia tapi harus sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

"Diharapkan orang yang mobilitasnya tinggi dan mempunyai kemampuan untuk mengurus daerah-daerah sehingga dibutuhkan orang yang tentu mampu. Tidak harus tokoh elit di Jakarta tapi bisa dari daerah," tambah dia.

Terpenting dari kriteria itu, ketua Golkar harus punya kemampuan membawa kemenangan dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang akan datang.

Munas Golkar akan diselenggarakan pekan kedua April 2016 dengan agenda utama memilih ketua umum.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016