Medan, Sumater Utara  (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menilai kemajuan pembangunan jalan tol di Sumatera Utara sudah menggembirakan.

"Progresnya sangat bagus," kata Presiden Jokowi saat meninjau Proyek Jalan Tol Medan - Kualanamu di Medan, Rabu, yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden menyebutkan ada tiga ruas tol di Sumatera Utara yang diharapkan selesai akhir 2016 untuk Medan Kualanamu dan pertengahan 2017 untuk Medan-Binjai dan Kualanamu-Tebing Tinggi.

"Saya harapkan dengan adanya jalan tol mobilitas barang atau komoditas bisa lebih cepat lagi yang tentu saja akan memperkuat daya saing kita," kata Presiden.

Jokowi menyebutkan tingkat pembebasan lahan untuk proyek ini rata-rata tinggi, mencapai 97 persen, yang artinya peran pemerintah daerah semakin meningkat.

Presiden berjanji untuk meneruskan pembangunan itu ke ruas Tebing Tinggi-Prapat (Kabupaten Simalungun).  Jokowi juga berjanji untuk membangun jaringan kereta api.

Jokowi yakin  percepatan pembangunan jalan tol membuat  jalan tol di Indonesia naik sangat drastis dalam lima tahun ke depan.

Khusus di Sumatera Utara, kata Jokowi, sejak1986 hingga 2014 panjang jalan tol hanya 34,8 km, tapi pada 2017 akan bertambah sekitar 70 km sehingga total menjadi lebih dari 100 km.


Pewarta: Agus Salim
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016