Eibar (ANTARA News) - Barcelona meraih kemenangan telak dalam laga lanjutan pekan ke-28 La Liga dengan melibas tuan rumah Eibar 4-0 di Stadion Ipurua, Minggu.

Berkat kemenangan tersebut Barcelona kian nyaman di puncak klasemen sementara dengan koleksi 72 poin, memimpin perburuan gelar juara, dengan jarak terdekat 11 poin dari Atletico Madrid (61) yang akan melawat ke markas Valencia (34) pada Senin pagi WIB.

Sementara itu Eibar (36) yang masih berada di peringkat kedelapan klasemen terancam turun posisi bila Valencia atau Real Sociedad (34) meraih kemenangan atas lawan masing-masing di pekan ke-28.

Penyerang muda Munir El Haddadi membuka keunggulan untuk Barcelona saat baru berlangsung delapan menit dengan sontekan mudah di tiang jauh menyelesaikan umpan tarik Luis Suarez.

Meski terus menekan, Barcelona baru bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit 41 saat Lionel Messi melakukan aksi individual melewati Aleksandar Pantic dan Ander Capa untuk merangsek ke dalam kotak penalti dan menyelesaikan dengan sebuah sepakan ke sudut gawang.

Barcelona memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit 76 lewat eksekusi titik putih Messi.

Penalti itu diberikan wasit Alberto Undiano Mallenco saat Ivan Ramis meluncur menghalau umpan silang Messi namun bola mengenai tangannya.

Suarez akhirnya melengkapi penampilannya dengan mencatatkan nama di papan skor setelah menggiring bola melewati selangkangan Capa dan melepaskan tendangan untuk menambah pundi-pundi golnya menyentuh angka 26 di liga musim ini, tertinggal dari penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo yang memimpin daftar pencetak gol La Liga dengan 27 gol berkat tambahan empat gol saat timnya meluluhlantakkan Celta Vigo 7-1.

Susunan pemain kedua tim seturut laman La Liga:

Eibar (4-4-2): Asier Riesgo (PG); Ander Capa, Aleksandar Pantic, Ivan Ramis, David Junca; Adrian, Gonzalo Escalante (Izet Hajrovic), Dani Garcia, Josip Radosevic; Borja Baston (Saul Berjon), Sergi Enrich (Takashi Inui)
Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo (PG); Dani Alves, Gerard Pique (Marc Batra), Javier Mascherano, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Thomas Vermaelen), Arda Turan (Sergi Roberto); Lionel Messi, Luis Suarez, Munir El Haddadi
Pelatih: Luis Enrique

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016