Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) harus konkret dalam mendukung kemerdekaan Palestina, khususnya dalam pembahasan yang dilakukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Ke-5 OKI, di Jakarta.

"Sebagai wadah kerjasama negara Islam di dunia, OKI memiliki peran strategis dalam memberikan dorongan yang lebih kuat untuk mempercepat proses kemerdekaan negara Palestina," katanya, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan diri mendukung agenda KTT OKI yang mengedepankan isu perjuangan kemerdekaan negara Palestina.

"Sebab, pendirian OKI itu reaksi atas kekalahan negara-negara Arab dalam perang Arab-Israel 1967, pendudukan Palestina oleh Israel," ujarnya. 

Sejak Perang Enam Hari 1967 alias Milhemet Sheshet Ha Yamim dalam bahasa Ibrani atau an-Naksah dalam bahasa Arab itu, Israel yang saat itu dikeroyok lima negara Arab yang didukung 10 negara lain Arab dan PLO, terus menekan Palestina hingga kini. 

Zon juga berharap resolusi dan deklarasi Jakarta yang akan disahkan dalam KTT OKI ini, dapat lebih konkret dalam mendukung upaya kemerdekaan Palestina."

Dia mengatakan hasil dari KTT OKI ini, juga akan memperkuat Declaration on Palestine yang dihasilkan dalam Konferensi Asia-Afrika di Indonesia pada bulan April 2015.

Pada sisi lain, terdapat kritik tentang soliditas masa kini terhadap 57 negara anggota OKI yang terpolarisasi pada kelompok negara Arab, negara Persia, Turki, serta negara-negara Islam dan berpenduduk mayoritas Islam non Arab. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016