Liverpool (ANTARA News) - Anfield siap menyambut kedatangan dan kemeriahan duel antara dua klub arkaik asal Inggris. Baik Liverpool maupun Manchester United (MU) sama-sama lahir dari rahim bunda kandung negeri asal sepak bola modern itu.

Liverpool menjamu Manchester United dalam leg pertama fase 16 besar Liga Europa yang digelar di Stadion Anfield, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 03.05 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sarat torehan sejarah, karena ini kali pertama dua klub asal Inggris yang telah malang melintang di lintasan rel sukses justru bersua dalam kompetisi Eropa. The Reds dan skuat Iblis Merah mencatatkan drama tidak kecil ketika menjalani laga demi laga di Liga Inggris (Premier League) musim kompetisi 2015/16.

Tim asuhan pelatih Juergen Klopp sampai pekan ke-29 berada di peringkat ketujuh dengan meraup 44 poun atau tertinggal enam poin dari batas zona Liga Champions. Sementara itu, pekan lalu skuat Iblis Merah asuhan pelatih Louis Van Gaal menelan kekalahan 0-1 dari West Bromwich Albion.

Pasukan Klopp siap tempur. Mereka baru saja mereguk kemenangan dari Crystal Palace untuk menjaga momentum berbicara di ajang Eropa. Hanya saja Jordan Henderson dan kawan-kawan menghadapi masalah seputar kestabilan penampilan dari satu laga ke laga lain.

Klopp tidak mempunyai pilihan lain. Manajer asal Jerman ini siap menurunkan skuat inti, meskipun Joe Gomez dan Danny Ings masih dibekap cedera. Lucas Leiva juga masih belum jelas benar karena ia masih mengalami cedera paha.

Nathaniel Clyne dan Daniel Sturridge dibangkucadangkan ketika Liverpool melawan Palace. Berlaga di Anfield, kedua pemain siap menjalin kongsi bersama dengan Jon Flanagan dan Divock Origi.

Martin Skrtel siap tampil. Ia bakal memperkokoh lini pertahanan bahu membahu dengan Mamadou Sakho atau Dejan Lovren yang menempati posisi sebagai bek tengah. Sementara itu, Philippe Coutinho siap unjuk kekuatan di Anfield.

James Milner absen dalam sesi latihan pada Rabu pekan ini karena ia mengidap virus. Ia diragukan bakal diturunkan oleh Klopp untuk mempertajam lini serang the Reds untuk mengobrak-abrik pertahanan MU.

United masih dirundung krisis cedera pemain ketika melakoni laga tandang ke Anfield. Hanya saja Van Gaal tampak tenang tidak terguncang dengan cederanya sejumlah pemain inti skuat Iblis Merah.

Wayne Rooney masih belum dapat turun bertanding karena dibekap cedera lutut yang memerlukan waktu pemulihan yang panjang. Sang kapten United diharapkan pulih pada bulan depan.

Luke Shaw, Bastian Schweinsteiger dan Ashley Young masih absen, sementara Jesse Lingard masih terkena suspensi. MU beroleh warta gembira karena Matteo Darmian dan Chris Smalling siap menjaga pertahanan.

Pemain muda Memphis Depay dan Anthony Martial tidak mudah juga menembus pertahanan Liverpool.

Komentar dua manajer:



* Juergen Klopp (Liverpool):

"Anda tahu bahwa saya menaruh kepercayaan penuh kepada gemuruh dukungan tim tuan rumah. Saya coba memberi segalanya dan menunjukkan kepada mereka bahwa kami mampu mewujudkan harapan mereka. Ini yang menjadi keprihatinan kami."

"Kami benar-benar menikmati relasi dengan penonton. Tidak ada keraguan sama sekali. Kami akan menciptakan atmosfer lebih baik ketika menjalani laga leg pertama dibandingkan ketika kami nanti turun bertanding di leg kedua melawan Manchester United."

"Ada nuansa rivalitas yang tidak dapat dipungkiri. Pertandingan ini menjadi bagian besar dari perjalanan sejarah sepak bola. Harapannya, kami mampu menorehkan tinta sejarah dalam perjalanan Liverpool. Selama saya berada di sini, tidak ada masalah."

"Laga ini benar-benar laga yang besar, meski saya berharap pertandingan ini bukan laga terbesar selama perjalanan karier saya di Liverpool. Sangat penting kami melaju ke babak selanjutnya, untuk itu kami harus mengalahkan mereka."



* Louis van Gaal (Manchester United):
"Anda harus menang. Tidak ada beda (antara menang di ajang liga dan piala lainnya). United melawan Liverpool senantiasa menyajikan laga besar. Pertandingan ini begitu bersejarah, karena kedua tim kini sama-sama berjuang dapat tampil di Liga Champions."

"Saya memperhatikan dan mencermati bahwa anda punya pandangan negatif (pendapat media Inggris mengenai Liga Europa). Akan tetapi ketika (kami) melawan Midtjylland, bebrapa banyak fans? 58.000."

"Fans Manchester United memberi perhatian kepada laga ini. Berapa banyak fans yang akan hadir ketika kami melawan Liverpool (untuk melakoni laga leg kedua di Old Trafford? Bisa jadi 75.000 orang. Demikian pula dengan laga kali ini yang digelar di Anfield yang menyedot begitu banyak fans tim tuan rumah. Saya harus mengatakan, bahwa sangat penting bagi kedua tim dan kedua fans untuk menyaksikan duel kedua tim."

Prakiraan susunan pemain:
 



* Liverpool (4-3-3):

Mignolet (penjaga gawang); Clyne, Lovren, Sakho, Moreno; Henderson, Can, Milner (Lallana); Coutinho, Sturridge, Firmino.
Pemain absen: Gomez (cedera lutut), Ings (cedera lutut), Lucas (cedera paha), Rossiter (cedera hamstring)
Diragukan tampil: Milner (sakit)
Absen di laga selanjutnya jika menerima kartu dari wasit: Moreno




* Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang); Darmian, Smalling, Blind, Rojo; Carrick, Schneiderlin; Mata, Herrera, Memphis; Martial.
Pemain absen:  Lingard (suspensi), Keane (cedera pangkal paha, Rooney (cedera lutut), Shaw (cedera engkel), Young (cedera pangkal paha), Jones (cedera engkel)
Diragukan tampil:  Valencia (cedera kaki), Schweinsteiger (cedera lutut)
Absen di laga selanjutnya jika menerima kartu dari wasit: Smalling

Data dan fakta (Opta Facts):
* Liverpool dan Manchester United akan saling berhadapan untuk kali pertama di ajang kompetisi Eropa.
* Liverpool versus Manchester United merupakan laga perdana antara kedua tim asal inggris di ajang Liga Europa sejak Liverpool versus Spurs pada April 1973.
* Manchester United hanya menelan sekali kekalahan dari sembilan pertemuan kedua tim di kompetisi Eropa (enam menang, dua imbang).
* Liverpool menelan empat kekalahan ketika melawan Manchester United.
* Manchester United belum pernah menang dari lima laga kandang mereka di kompetisi Eropa, menelan empat kekalahan (sekali imbang).
* Liverpool mencapai babak 16 besar kompetisi Eropa untuk kali pertama sejak musim 2010/11.
* Juan Mata dalam kiprahnya telah mencetak delapan gol dalam delapan laga melawan Liverpool di seluruh kompetisi (tiga gol dan lima asist).    
* James Milner mencetak gol dari tendangan penalti dalam dua penampilannya di Liga Europa di Anfield ketika membela Liverpool.     
     
 Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Liverpool: W W L W D

06/03/2016 Crystal Palace 1 - 2 Liverpool
02/03/2016 Liverpool 3 - 0 Manchester City
28/02/2016 Liverpool 1 - 1 Manchester City
25/02/2016 Liverpool 1 - 0 Augsburg
18/02/2016 Augsburg 0 - 0 Liverpool

* Manchester United: L W W W W
06/03/2016 West Bromwich Albion 1 - 0 Manchester United
02/03/2016 Manchester United 1 - 0 Watford
28/02/2016 Manchester United 3 - 2 Arsenal
25/02/2016 Manchester United 5 - 1 Midtjylland
22/02/2016 Shrewsbury Town 0 - 3 Manchester United

Head to Head:
17/01/2016 Liverpool 0 - 1 Manchester United
12/09/2015 Manchester United 3 - 1 Liverpool
22/03/2015 Liverpool 1 - 2 Manchester United
14/12/2014 Manchester United 3 - 0 Liverpool
05/08/2014 Liverpool 1 - 3 Manchester United

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Liverpool 2 - 0 Manchester United (12 persen)
* Liverpool 1 - 2 Manchester United (11 persen)
* Liverpool 2 - 1 Manchester United (9 persen)
 
Prediksi laga:
* Ini laga kali pertama antara Manchester United melawan Liverpool di kompetisi Eropa.
* Louis Van Gaal menorehkan empat kemenangan ketika melawan Liverpool. Hanya saja mereka menelan empat kekalahan dari 15 laga tandang di seluruh kompetisi.
* Liverpool menderita empat kekalahan dari 24 laga kandang selama musim ini, hanya saja the Reds begitu banyak mencapai hasil imbang (delapan).
* United gagal mencetak gol dalam empat dari 24 laga tandang di seluruh kompetisi. Gol tandang ini begitu penting bagi Rooney dan kawan-kawan.

Prediksi hasil laga menurut Antaranews.com:
* Liverpool: 2
* Manchester United: 1

Oleh A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016