Jakarta (ANTARA News) - Busana terbaru rancangan Mel Ahyar terinspirasi dari kesan misterius kawah putih Ciwidey yang dituangkannya dalam 12 tampilan untuk Indonesia Fashion Week 2016. 

"Saya akan menampilkan Pohaci, dewi penjaga langit masyarakat Sunda, terinspirasi kesan misterius kawah putih," kata Mel Ahyar di Indonesia Fashion Week 2016, Jakarta Convention Center, Jumat. 

Kawah putih Ciwidey melambangkan tema angkasa alias sky dari Wardah dengan lima perancang untuk membuat busana terinspirasi keindahan alam Indonesia. 

"Sky itu sangat light dan identik dengan kesederhanaan namun terlihat mistik," lanjut Mel. 

Elemen udara dihadirkan lewat rancangan bernuansa putih, abu dan biru muda bermotif celup dalam potongan siluet oversized. 

"Untuk kali ini, print-nya di tone down," imbuh dia. 

Selain Mel Ahyar,ada pula Barli Asmara, Ria Miranda, Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar yang akan menampilkan rancangan terinspirasi alam Indonesia di peragaan busana IFW 2016, Minggu (13/3).

Barli Asmara akan menampilkan rancangan Glow of Parai yang didominasi warna emas dengan sentuhan hitam. Tampilan itu terinspirasi dari cahaya senja Bangka Belitung.

Ria Miranda menerjemahkan keindahan bawah laut Raja Ampat dalam tema Sea Shore. Dia membuat busana yang menampilkan keragaman flora fauna Raja Ampat seperti kuda laut, kerang dari bahan satin, organdi dan ceruti yang membentuk potongan longgar berkesan ringan melayang.
 
Kemudian, Zaskia Sungkar membawa kain lurik Jawa untuk mewakili warna relief gua Gong Pacitan dengan tampilan sederhana berpotongan tegas. 

Sementara itu, Dian Pelangi mewujudkan tema api dari kawah Ijen Banyuwangi melalui busana yang dibuat dari teknik celup dari kain sutra dan tenun benang emas.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016