Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa perguruan tinggi se-Provinsi Jambi mendapatkan materi nilai-nilai Empat Pilar MPR RI melalui metode outbond selama dua hari di Kota Baru, Jambi.

Keterangan tertulis MPR, Minggu, menyebutkan puncak dari kegiatan yang digelar 11 hingga 13 Maret 2016 ini yaitu pemahaman nilai Empat Pilar dalam bentuk implementasi pada permainan-permainan di lapangan terbuka.

"Dalam permainan-permainan ini yang terpenting sudah berusaha dengan maksimal. Banyak nilai-nilai kebangsaan yang tercermin dan itu jangan berhenti ketika kegiatan outbound ini selesai. Namun harus dibawa untuk diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari," kata anggota MPR dari unsur Kelompok DPD, Emma Yohanna.

Ia mengatakan, permainan tersebut bukan untuk mencari gelar juara, melainkan kebersamaan dalam keberagaman di setiap kelompok yang terdiri atas kerjasama tim, penyusunan strategi, siasat politik, ide kreatif dan inovatif anggota kelompok.

Anggota MPR dari unsur Kelompok DPD yang turut hadir, Intsiawati Ayus, juga menyampaikan bahwa pemahaman yang ditanamkan dari permainan outbound akan memunculkan seorang pemimpin kelompok.

"Tidak ada sekolah untuk menjadi pemimpin, karena pemimpin lahir dari sebuah kebersamaan dan eksistensi," kata dia.

Intsiawati mengatakan, kerjasama yang timbul dari sebuah kelompok berawal dari instruksi ketua kelompok sebagai pemimpin, dan jika ada anggota yang sulit bekerjasama, timbulkanlah kemauan untuk bekerjasama.

"Jika bisa menjadi pemimpin yang baik untuk diri sendiri, maka kita akan bisa memimpin orang lain," ujar dia.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016