Jakarta (ANTARA News) - Indonesia ditetapkan menjadi negara tema dalam pameran seni dan budaya internasional  Europalia 2017 yang akan berlangsung di Belgia dan beberapa negara Eropa selama empat bulan.

"Indonesia akan menjadi negara tema dari Pameran Art and Culture yang dinamakan Europalia pada 2017," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi setelah mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Putri Astrid dari Kerajaan Belgia di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

"Pembicaraan kita sudah dilakukan sejak tahun lalu," katanya.

Retno menjelaskan pameran itu tidak saja melibatkan Belgia tetapi juga beberapa negara di Eropa lain. Di Belgia, pameran akan digelar di banyak kota.

Europalia merupakan pameran seni dan budaya yang digelar dua tahun sekali di Eropa. Tahun 2015, Turki menjadi negara tema pameran itu dan Indonesia akan menjadi fokus pameran tahun depan.

Menurut Retno, negara-negara Eropa memilih Indonesia sebagai negara tema karena Indonesia merupakan negara besar dengan beragam seni dan budaya.

"Ini kolaborasi dan partisipasi besar bagi Indonesia. Pemilihan Indonesia jadi tema menunjukkan potret Indonesia di Belgia dan Eropa," katanya.

Dia menambahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersiapkan kesertaan Indonesia di Europalia.

"Mereka yang memilih. Ini akan jadi event yang sangat besar. Pak Anies (Mendikbud) yang akan jadi komandannya," kata dia.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2016