Muenchen (ANTARA News) - Bayern Muenchen menghadapi dilemma. Di satu sisi, klub papan atas Bundesliga itu siap menurunkan Javi Martinez; di lain sisi, Arjen Robben diragukan tampil karena masih mengalami influenza.

Bayern Muenchen siap menjamu Juventus dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Allianz Arena, Muenchen pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Duel itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sport 2.   

Di tengah belitan gurita dilemma yang tidak mudah terpecahkan, justru Pep Guardiola menaruh respek atas penampilan kubu Juventus yang berakhir imbang 2-2 dalam laga leg pertama. Pelatih berpaspor jelas-jelas tersandera oleh kenangan bahwa Bayern Muenchen unggul lebih dulu lewat dua gol yang dilesakkan oleh Thomas Mueller dan Arjen Robben.

Hanya saja cerita kontan berbeda ketika Juventus mampu menyamakan kedudukan dengan gol yang dicetak oleh Paulo Dybala dan Stefan Sturraro, justru di 30 menit terakhir pertandingan. Boleh jadi ini drama "30 menit terakhir".

Menghadapi tim asuhan pelatih Massimiliano Allegri, de facto Bayern Muenchen tidak akan diperkuat oleh duet Jerome Boateng dan Holger Badstuber. Ini memungkinkan Joshua  Kimmich berkongsi dengan Mehdi Benatia di jantung pertahanan.

Arturo Vidal dan Douglas Costa tidak akan diturunkan dalam laga pekan ini menyambut tim tamu asal Italia, sementara itu Robert Lewandowski diharapkan kembali masuk ke jajaran the starting XI.

Di kubu Juventus, Giorgio Chiellini masih dibekap cedera betis. Pelatih Allegri tidak bakal mengambil resiko untuk menurunkan pemain ini, sementara Claudio Marchisio juga tidak ikut serta ke Muenchen. Ini artinya, Stefano Sturaro dapat mengisi posisi itu.

Martin Cacares masih mengalami cedera otot Achilles. Allegri lebih gusar ketika Paulo Dybala dan Mario Mandzukic yang masih diliputi tanda tanya apakah akan diturunkan di Allianz Arena.

Juventus siap menurunkan empat pemain bertahan di lini belakang, dengan Daniele Rugani siap menjadi pemain alternatif. Stephan Lichtsteiner, Patrice Evra dan Paul Pogba siap turun bertanding jika memang tidak ada aral melintang.

Komentar manajer:
 
* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):

"Kami harrus menerima hasil laga di leg pertama. Saya lebih suka skor 5-0 meski kami masih harus lebih bekerja keras. Juventus adalah Juventus, dengan semangat khas yang mereka miliki dan mereka tunjukkan selama ini. Situasinya tetap sama bahwa Juve mengandalkan pertahanan yang kuat."

"Saya tahu mentalitas orang-orang Italia, yang mengandalkan konsentrasi dan fokus. Hanya saja saya tidak suka dengan gaya permainan mereka, meski saya tetap terkesan dengan cara mereka bertanding."

"Mereka juga akan menguasai bola dengan memasang pemain seperti Paul Pogba. Mereka juga akan berusaha menyerang. Juve senantiasa mampu mencetak gol."

"Kami benar-benar ingin tampil dengan sebaik mungkin untuk meraih kemenangan. Kami termotivasi untuk melangkah maju sampau babak final. Juve akan bertahan dengan mengerahkan sepuluh pemain"

* Massimiliano Allegri (Juventus):
"Kami harus tampil sempurna besok. Jika kami tidak mampu mewujudkannya, itu karena memang kami menghadapi laga yang teramat sulit. Kami tahu bahwa Bayern tim yang mampu menguasai pertandingan, enam puluh sampai tujuh puluh persen wari waktu pertandingan."

"Tentu saja kami tidak akan menyerah dengan kendala cedera pemain. Kami tidak akan mengambil resiko apa pun, mengingat sejumlah laga penting masih harus kami jalani, seperti Serie A dan Coppa Italia."

"Mandzukic pemain yang mampu tampil luar biasa. Kami akan memutuskan besok apakah dia turun bertanding atau tidak. Ia menjalani latihan dengan baik, meski kami tidak mengetahui apakah dia memang siap berlaga."

"Ada dua pemain yang absen, ini bukan drama, meski tentu saja situasi yang menyedihkan bagi kami. Bagi saya, drama adalah sisi lain dari kehidupan ini. Mungkin saja Bayern tidak mengganggap enteng Juventus. Mereka selama ini menaruh hormat kepada kami, begitu pula sebaliknya. Kami harus tampil berhati-hati."

Prakiraan susunan pemain

* Bayern Muenchen (4-1-4-1):

Neuer (penjaga gawang); Lahm, Kimmich, Alaba, Bernat; Vidal, Alonso; Robben, Müller, Costa; Lewandowski.
Pemain absen: Boateng, Badstuber (cedera engkel)
Diragukan tampil: Martínez (masalah kebugaran)
Absen jika terkena kartu dari wasit: Boateng

* Juventus (4-4-2):
Buffon (penjaga gawang); Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Evra; Cuadrado, Khedira, Hernanes, Pogba; Morata, Mandžukić.
Pemain absen: Cáceres (cedera achilles), Marchisio (cedera betis), Dybala (cedera betis), Chiellini (cedera betis)
Diragukan tampil: Mandžukić (cedera pangkal paha)
Absen jika terkena kartu wasit: Sturaro

Data dan fakta:
* Bayern Muenchen mencapai babak penyisihan Liga Champions untuk kali kedelapan. Mereka mampu melaju ke babak semi-final sebanyak lima kali dari enam musim.
* Juventus mencapai babak knockout Liga Champions dalam musim berturut-turut untuk kali pertama sejak 2005/06.
* Juventus tidak meraih kemenangan dari lima laga terakhir di Liga Champions melawan Bayern Muenchen (dua imbang, tiga kalah). Kemenangan terakhir mereka pada November 2005.
* Bayern Muenchen meraih sembilan kemenangan di laga kandang di ajang Liga Champions. Ini capaian terbaik selama kompetisi, dengan mencetak 36 gol dan kebobolan hanya empat gol.    
* Bayern Muenchen mencapai persentase tertinggi dalam penguasaan bola di kompetisi ini selama musim 2015/16 (71 persen).    
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
    
* Bayern Muenchen: W D L W D

12/03/2016 Bayern Muenchen 5 - 0 Werder Bremen
05/03/2016 Borussia 09 Dortmund 0 - 0 Bayern Muenchen BAY
02/03/2016 Bayern Muenchen 1 - 2 FSV Mainz 05
27/02/2016 Wolfsburg 0 - 2 Bayern Muenchen
23/02/2016 Juventus 2 - 2 Bayern Muenchen

* Juventus: W W W W D
11/03/2016 Juventus 1 - 0 Sassuolo
06/03/2016 Atalanta 0 - 2 Juventus
02/03/2016 Internazionale Milano 3 - 0 Juventus
28/02/2016 Juventus 2 - 0 Internazionale Milano
23/02/2016 Juventus 2 - 2 Bayern Muenchen

Head To Head:
23/02/2016 Juventus 2 - 2 Bayern Muenchen
10/04/2013 Juventus 0 - 2 Bayern Muenchen
02/04/2013 Bayern Muenchen 2 - 0 Juventus
08/12/2009 Juventus 1 - 4 Bayern Muenchen
30/09/2009 Bayern Muenchen 0 - 0 Juventus

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Bayern Muenchen 1 - 2 Juventus (16 persen)
* Bayern Muenchen 0 - 0 Juventus (10 persen)
* Bayern Muenchen 2 - 1 Juventus (9 persen)
     
Prediksi jalannya laga:
* Bayern Muenchen kebobolan dua gol ketika berlaga di Turin di leg pertama. Hanya saja, mereka masih punya peluang lolos dengan hasil 0-0 berkat dua gol tandang di Juventus Stadium.
* Juventus menghadapi situasi sulit karena mereka harus bertanding di kandang Bayern Muenchen. Tim berjuluk si Nyonya tua ini hanya kemasukan satu gol dalam sembilan laga tandang selama lebih dari 90 menit.
* Bayern Muenchen seharusnya terus berkembang pesat dalam menyerang dan bertahan, hanya saja Juventus bukan tim yang gampang menyerah.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Bayern Muenchen: 1
* Juventus: 0   

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016