Bandung (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang Perencanaan Pembangunan dan Politik Nasional di Era Nawa Cita.

Luhut di Bandung, Jumat, menekankan pentingnya proses yang dilalui dalam mengambil keputusan dengan berbagai macam riset, mengumpulkan informasi, dan rasional.

Luhut memberi contoh dengan memaparkan proses pengambilan keputusan oleh pemerintah pusat terkait berbagai kebijakan, khususnya pada bidang ekonomi.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut menjelaskan pertumbuhan ekonomi yang saat ini mulai membaik dari kondisi sebelumnya yang menurun.

"Saya bisa katakan saat ini Indonesia sedang memasuki tahap yang baik di bidang ekonomi," kata dia.

Ia menjelaskan kebijakan publik yang dibuat pemerintah tidak selalu mendapat sentimen yang positif oleh warga. Namun ketika perbaikan-perbaikan mulai muncul, lanjut dia, warga akan merasakan manfaat dan kembali mendukung pemerintah seperti yang terjadi sekarang ini.

Selain memberi kuliah umum tentang perencanaan pembangunan dan politik, Luhut juga memberikan kuliah mengenai kondisi hukum dan keamanan Indonesia saat ini.

Purnawirawan jenderal TNI tersebut juga menjelaskan mengenai pentingnya dana desa yang disinergikan dengan pengawasan dari aparat TNI-Polri dan pemerintah daerah dalam membentuk ketahanan pangan hingga mencegah timbulnya paham radikal.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016