Jakarta (ANTARA News) - Menulis di blog merupakan cara yang efektif untuk membangun karakter bangsa, menurut Sekretaris Jenderal MPR RI, MPR Ma'ruf Cahyono. Dalam sebuah pertemuan dengan para blogger di Yogyakarta, Jumat.

Ma'ruf mengatakan selama ini MPR telah melakukan sosialisasi lewat berbagai media, baik itu cetak, online, televisi, radio, dan media massa lainnya.

Namun, blog bagi MPR adalah sesuatu yang baru. Dia berharap blogger membantu MPR dalam melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Dalam hal ini lanjut Ma'ruf bisa terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara MPR dan blogger. MPR bisa terbantu oleh blogger dalam sosialisasi, sementara para blogger bisa lebih mengaktualisasikan pikirannya lewat Empat Pilar Kebangsaan.

"Semua dalam kerangka tanggung jawab untuk kepentingan bangsa," ujar dia seperti dalam keterangan tertulis MPR.

Dia mengaku senang bila blogger telah menyampaikan pesan kepada masyarakat, karena bila satu pesan kepada masyarakat mampu memberi pemahaman maka pemahaman masyarakat itu akan mempengaruhi pengambil kebijakan. Apalagi, lanjut dia, aspirasi masyarakat ada yang sifatnya evaluatif.

Ma'ruf Cahyono berharap pertemuan MPR dan para blogger bisa meluas ke seluruh daerah di Indonesia.

Selain membahas peran blog, dalam kesempatan itu Ma'ruf juga menjelaskan peran dan berbagai badan dalam MPR, yakni Badan Sosialisasi, Badan Pengkajian, dan Badan Anggaran. Dia juga menegaskan lembaga negara, MPR menyerap berbagai aspirasi masyarakat.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016