Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jabar, mengimbau pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, untuk berhati-hati terutama ketika memasuki Jalan Raya Cugenang yang rawan terjadinya kecelakaan terutama pada musim penghujan.

"Daerah rawan kecelakaan itu, ada beberapa titik di Jalur Puncak hingga Cianjur, seperti Ciloto, Babakan Cisarua-Cipanas, tapal kuda Palalangon, Cijedil dan Cibeureum," kata Kabag Ops Polres Cianjur, Kompol Hilman di Cianjur, Selasa.

Dia menuturkan, faktor penyebab terjadinya kecelakaan selain kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, human error ditambah kurangnya lampu penerangan jalan serta rambu-rambu lalulintas. Sehingga banyak kecelakaan tunggal terjadi di sejumlah titik rawan tersebut, ditambah landasan jalan banyak yang rusak.

Sedangkan di Jalan Raya Cugenang-Cipanas, faktor jalan yang lurus panjang sering membuat pengendara terlena dan melarikan kendaraan dengan kecepatan tinggi, sehingga penyebab kecelakaan disebabkan human error kerap terjadi di jalur tersebut.

"Kalau dijalur Puncak-Cipanas, sebagian besar kecelakaan yang terjadi akibat kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, namun dipaksakan, sehingga banyak kecelakaan tunggal terjadi karena rem tidak berfungsi dan sebagian kecil akkibat human error," katanya.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, Polres Cianjur, ungkap dia, banyak memasang plang peringatan di titik rawan tersebut, agar pengendara ekstra hati-hati saat melintas, sehingga selamat sampai di tujuan.

"Kami selalu mengimbau disetiap pos pol yang ada, agar pengendara selalu ekstra hati-hati saat berkendara, mematuhi aturan lalulintas dan tidak ugal-ugalan karena banyak juga kecelakaan terjadi karena pengendara memaksakan diri untuk mendahului atau tidak hati-hati saat melintas di jalur rawan," katanya.

Sementara minimnya lampu penerangan jalan di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur, sering dikeluhkan penguna jalan terutama mereka yang setiap hari melintas di jalur tersebut.

Awie (34) seorang penguna jalan, mengungkapkan, minimnya lampu penerangan jalan tepatnya di Jalan Raya Cugenang hingga Kecamatan Pacet, menjadi faktor terjadinya kecelakaan tunggal.

"Saya setiap hari pulang pergi Cipanas-Cianjur, mengunakan sepeda motor, kalau sudah masuk Jalan Raya Cugenang pasti ekstra hati-hati karena saya sering melihat kecelakaan tunggal akibat pengendara takut atau salah masuk lubang yang banyak ditengah jalan," katanya.

Dia berharap dinas terkait di Pemkab Cianjur, dapat menambah lampu penerangan jalan di sepanjang jalur Cugenang hingga Jalan Raya Pacet, agar kecelakaan tunggal tidak menimpa penguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016