Berlin (ANTARA News) - Thomas Mueller berharap kapten Jerman Bastian Schweinsteiger akan pulih dari cedera lututnya dalam waktu cepat sehingga ia dapat berpartisipasi pada Piala Eropa yang akan dimulai pada Juni.

Gelandang Manchester United Schweinsteiger berpeluang absen beberapa pekan setelah mengalami robek ligamen parsial pada lutut kanannya pada awal pekan ini. Ia juga mengalami cedera di lutut yang sama beberapa bulan silam.

Juara Piala Dunia Jerman berangkat ke Inggris pada Sabtu dan Italia tiga hari kemudian untuk memainkan pertandingan-pertandingan persahabatan internasional, ketika mereka mempersiapkan diri untuk turnamen 10 Juni sampai 10 Juli di Prancis.

"Itu pahit untuk dia dan pahit bagi kami," kata Mueller, mantan rekan setim Schweinsteiger di Bayern Munich. "Namun untuk Piala Eropa masih ada waktu."

"Saya tidak dapat memperkirakan dengan tepat berapa lama waktu yang akan dibutuhkannya (untuk pulih) namun masih ada peluang dirinya akan ada di Piala Eropa dan penting bagi kapten untuk berada di sana."

Jerman, yang berada di Grup C, akan memainkan pertandingan pertama mereka melawan Ukraina pada 12 Juni. Mereka juga akan berhadapan dengan Irlandia Utara dan Polandia di grup mereka.

Mueller juga memberikan kata-kata penyemangat kepada Mario Goetze, yang kerap menghuni bangku cadangan Bayern meski telah pulih dari cedera, namun mampu bersinar saat membela Jerman.

Goetze mencetak gol kemenangan saat melawan Argentina di final Piala Dunia 2014, namun ia kesulitan menembus tim inti di bawah asuhan pelatih Bayern Pep Guardiola.

"Sebagai pesepak bola Anda tidak dapat menghidupkan pujian-pujian dari masa lalu dan Anda harus hidup untuk pertandingan berikutnya, dan membuktikan diri setiap saat. Mario telah absen untuk kurun waktu lama karena cedera namun ia selalu memiliki kualitas itu," tutur Mueller.

"Di Bayern ia juga tampil bagus saat latihan. Namun hanya 11 (orang) yang dapat bermain dan di Bayern kami memiliki tujuh pemain untuk tiga setengah posisi, maka situasinya tidak mudah."

"Ia telah kembali dari absen akibat cedera namun saya ingin ia memainkan dua pertandingan yang bagus, mungkin mencetak gol dan melupakan itu semua," demikian Mueller dilaporkan oleh Reuters.

(H-RF)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016