Singapura (ANTARA News) - Thailand bermain imbang 2-2 dengan mantan juara Irak pada Kamis untuk memastikan tiket ke putaran berikutnya pada kualifikasi Piala Dunia, sedangkan pelatih baru Yordania Harry Redknapp menikmati kemenangan 8-0 atas Bangladesh pada debut internasionalnya.

Hamza Al Daradreh mengemas tiga gol pertama untuk mengantarkan kemenangan besar bagi mantan manajer Totteham Hotspur dan West Ham United yang masih akan mengasuh Yordania untuk pertandingan Grup B pada Selasa melawan juara Asia, Australia, yang pada pertandingan yang dimainkan lebih awal menghancurkan Tajikistan 7-0.

"The Socceroos" hanya memerlukan hasil imbang untuk memastikan posisi puncak dan melaju ke putaran ketiga yang diikuti 12 tim pada kualifikasi Asia, namun hasil itu dapat membuat Yordania juga melaju sebagai salah satu runner up terbaik dari delapan grup.

Thailand, juara Asia Tenggara, dapat berhenti berpikir mengenai prosedur kualifikasi yang kompleks setelah penampilan gemilang para pemain muda bertalenta mereka di Iran memastikan posisi puncak di Grup F dan satu tiket ke Piala Asia 2019.

Mereka memimpin dua kali setelah gol-gol larut pada masing-masing babak dari Mongkol Thosakrai dan Adisak Kraisorn, pada menit ke-86, dan bergabung dengan Qatar dan Korea Selatan (Korsel) di putaran ketiga meski kemasukan gol pada fase akhir pertandingan yang membuat kedudukan menjadi imbang.

Korsel, yang mengincar untuk tampil untuk kesembilan kalinya secara beruntun di Piala Dunia, mempertahankan rekor 100 persen mereka di Grup G setelah gol penentu kemenangan yang dibukukan Lee Jeong Hyeop membawa mereka menang 1-0 atas Lebanon di Ansan.

"Sampai menit ke-91, saya memikirkan hasil tidak adil yang dapat terjadi di sepak bola, namun semenit kemudian, pikiran saya berubah," kata pelatih kepala Uli Stielike seperti dikutip oleh kantor berita Korsel Yonhap.

Salah satu tim Asia yang selalu lolos ke Piala Dunia, Jepang, mencatatkan kemenangan beruntun keenam mereka di Grup E ketika mereka menaklukkan Afghanistan dengan skor 5-0 di Saitama untuk tetap menjauhi tim peringkat kedua Suriah, yang akan mereka jamu pada Selasa.

"Masing-masing dari kami memiliki halaman yang sama pada malam ini," kata penyerang Shinji Okazaki kepada kantor berita Kyodo setelah mencetak gol sebelum turun minum.

"Mudah-mudahan kami dapat memenangi pertandingan selanjutnya dan memastikan tempat kami di putaran kualifikasi akhir."

Uzbekistan membawa diri mereka semakin dekat untuk menjuarai Grup H setelah mengalahkan Filipina dengan skor 1-0, sedangkan Iran masih menguasai Grup D menyusul kemenangan 4-0 atas tamunya India.

Tim peringkat kedua adalah hal termaksimal China di Grup C, setelah kampanye yang mengejutkan.

Dengan Gao Hongbo kembali mengasuh tim setelah pemecatan pelatih Prancis Alain Perrin, China mengamankan kemenangan 4-0 atas Maladewa di Wuhan, berkat trigol dari Ning Jiang.

Hal itu membuat China menggeser Hong Kong berkat keunggulan selisih gol di Grup C menjelang pertandingan vital pada Selasa melawan juara Grup Qatar, di mana kemenangan menjadi hal wajib, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016