London (ANTARA News) - Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam forum Lingkar Studi Cendekia (LSC) United Kingdom meluncurkan seri Policy Brief (Analisis Kebijakan) yang mengupas beberapa isu terkini dalam kebijakan publik di Indonesia. Policy Brief yang dikemas dalam tajuk LSC Insights tersebut berisi 11 analisis dari mahasiswa Indonesia di Inggris.

Koordinator LSC, Bustanul Arifin kepada Antara London, Selasa menyatakan LSC Insights ini diluncurkan bertepatan dengan momen ulang tahun LSC yang pertama. LSC didirikan delapan mahasiswa Indonesia di Leeds, West Yorkshire, pada tanggal 29 Maret 2015. Aktivitas rutinnya adalah diskusi di berbagai kota yang hasilnya diterbitkan dalam LSC Insights ini.

Isu-isu yang didiskusikan dalam LSC Insights berkisar di tema ekonomi, politik, pendidikan, dan hubungan internasional. Seri perdana LSC Insights ini diedit Ahmad Rizky M. Umar dari Sheffield yang juga Ketua Divisi Kajian LSC.

Para kontributor merupakan anggota dan alumni LSC yang berasal dari berbagai latar belakang disiplin dan profesi, seperti Perencanaan Kota, Ekonomi, Politik, Hubungan Internasional, hingga Kesehatan Masyarakat. "LSC menggunakan pendekatan interdisipliner untuk memahami isu kebijakan publik," ujar Arifin.

Selain LSC Insights, LSC juga menerbitkan portal Indonesian Policy Review, jurnal kajian kebijakan publik yang diterbitkan secara online. Dalam waktu dekat, Indonesian Policy Review akan membuka Call for Articles untuk edisi perdananya.

Indonesian Policy Review akan menjadi arena curah ide, gagasan, dan sharing hasil penelitian yang terkait dengan isu-isu kebijakan di Indonesia, ujar Arifin yang juga mahasiswa Leeds Beckett University ini..

Dengan penerbitan LSC Insights dan Indonesian Policy review, diharapkan iklim diskusi dan kajian mahasiswa Indonesia di Inggris semakin bergairah. "LSC mencoba untuk mentradisikan diskusi dan literasi di kalangan mahasiswa Indonesia di Inggris, melalui diskusi bulanan dan penerbitan jurnal," demikian Arifin.

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016