Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Hoang Anh Tuan mengaku meskipun baru enam bulan bertugas di Indonesia, namun ia sudah harus mengeluarkan banyak pujian kepada kepulauan ini.

"Saya suka makanan Indonesia. Saya suka negeri Indonesia. Saya suka orang Indonesia," kata dia saat bertemu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Gedung Parlemen di Jakarta, Kamis, seperti dalam keterangan tertulis MPR.

Tuan mengaku sekarang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Dia juga mengatakan telah melihat perubahan di Indonesia, terutama di bidang politik. Tuan berharap, MPR bisa memainkan perannya memperkuat hubungan antara Vietnam dan Indonesia.

"Saya melihat banyak perubahan di Indonesia. Banyak sekali perubahan politik yang terjadi di negeri ini. Saya harapkan Ketua MPR dapat memainkan peranan untuk memperkuat hubungan kedua negara dan regional," kata dia.

Menanggapi hal ini, Zulkifli mengatakan hubungan antara Indonesia dan Vietnam sangat dekat dan memiliki sejarah panjang. "Kita sama-sama negara di ASEAN dan persahabatan telah teruji," kata Zulkifli seraya berharap hubungan kedua negara lebih baik lagi.

Dia menambahkan, perkembangan Vietnam selama sepuluh tahun terakhir sangat luar biasa, bahkan bisa melampaui negara-negara lain di ASEAN. "Malah sudah go internasional. Saya ingin sekali datang ke sana," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016