Jakarta (ANTARA News) - Industri alas kaki, tekstil dan penyamakan kulit Indonesia siap mendunia dengan menggandeng industri dari Italia melalui kerja sama kedua negara, kataDirjen Industri Ketahanan dan Pengembangan Akses Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta, Kamis.

"Kerja sama dengan Italia mampu meningkatkan kualitas dan daya saing industri kita, yang kemudian bisa menjangkau berbagai pasar di dunia," kata Sigit.

Menurut Sigit, Italia memiliki kualitas dan kemampuan teknologi tinggi untuk mendukung industri alas kaki, tekstil dan penyamakan kulit di negaranya.

Pihak Italia akan melakukan transfer teknologi untuk industri-industri dalam negeri dengan mesin yang akan didatangkan dari salah satu negara Eropa tersebut.

Sigit mengatakan, Kemenperin sedang mempersiapkan rancangan teknis kerja sama itu selama lima tahun mendatang, sekaligus menghitung anggaran yang dibutuhkan.

Neraca pedagangan Indonesia dan Italia masih surplus untuk Indonesia sebesar 16 duta dolar AS dengan produk CPO) menjadi komoditi ekspor terbesar Indonesia ke Italia, diikuti produk gas dan alas kaki.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016